VOLKSWAGEN ARTEON

Avantgarde ala VW

Auto Bild Indonesia - - Content - 4Penulis: Stefanus Yoga

Volkswagen baru saja memperlebar segmen pasarnya dengan menghadirkan sedan gran turismo mewahnya, yakni Volkswagen Arteon.

Diposisikan di atas kelasnya Passat, sedan premium dari Volkswagen ini diperkenalkan pertama kali di Geneva International Motor Show 2017. Klaus Bischoff, VW Head Of Design menyatakan, “Arteon memadukan elemen dari

classic sports car dengan kemewahan dan kelegaan ruang dari sebuah fastback. Sebuah avantgarde

business-class gran turismo, yang mampu memuaskan rasa yang sama antara hati dan pikiran pemiliknya.”

Lima tempat duduk yang disediakan Arteon merupakan alternatif avantgarde yang ideal – sebuah mobil untuk orang yang menginginkan fastback 5 pintu secara lengkap. Mulai dari desain yang elegan, hingga sarat teknologi tinggi.

Salah satu elemen desain terpenting dari Arteon adalah bagian depan. Lihat saja bagian kap mesin yang begitu besar dengan tarikan garis tegasnya. Bahkan lebarnya hampir menyentuh samping bodi. Lampu depan LED dilengkapi

daytime running light yang dikombinasikan dengan gril memanjang, terlihat seakan menyatu dengan lampu. Hasilnya, desain futuristis yang sangat cocok bahkan untuk sekaliber mobil sport seperti ini.

Kesan sports car terlihat jelas di bagian belakang. Yakni bahu kiri belakang yang melebar memenuhi sisi samping hingga fender yang menutupi roda 20 inci.

Arteon memiliki platform yang disebut Modular Transverse Matrix (MQB). Sekadar informasi, MQB merupakan platform yang digunakan Volkswagen yang mendasari pembuatan sebagian besar mobil masa depan VW yang memiliki posisi mesin di depan, berpenggerak roda depan, dan yang bermesin hybrid dan listrik. Konfigurasi ini secara alami memberikan kelegaan di kabin.

Arteon memiliki wheelbase sepanjang 2.841 mm, lebar bodi keseluruhan 1.871 mm, serta tinggi 1.427 mm. Sungguh suatu dimensi yang memberikan proporsi dinamis, yang merupakan poin penting dari bahasa desain yang diberikan de

signer Volkswagen. Masuk ke kabinnya. Di bagian depan, pengemudi dan penumpang mendapatkan ruang kaki yang lega. Kelegaan tercipta berkat peletakan mesin secara melintang serta penggerak roda yang terletak di bagian depan. Ruang kaki bagian depan mencapai 1.016 mm, yang artinya sangat luas.

Bagian belakang pun demikian. Atap yang memanjang, membuat ruang kepala terasa superior. Bangku baris kedua didesain untuk dapat menampung hingga tiga penumpang.

Kesan sporti dan elegan merupakan aspek dominan di Arteon. Tiga tema warna di interior yakni hitam, abu-abu, dan kombinasi abu-abu tua dan gelap terasa pas disandingkan dengan berbagai pilihan warna eksteriornya.

Dalam Arteon Elegance dan RLine, menggunakan kombinasi material alcantara di panel tengah dan kulit di panel samping. Terdapat juga opsi bahan kulit lainnya, yakni kulit Nappa. Seluruh kulit Nappa

yang digunakan mempunyai satu ciri khas. Adalah jahitan dengan warna benang yang kontras, agar kesan sport tetap mencuat.

Keseluruhan line up- nya memiliki mesin turbocharged direct fuel injection. Semuanya berkonfigurasi sama, yakni 4 silinder.

Level tenaga yang pertama dari mesin bensin (TSI) dan diesel (TDI) masing-masing memiliki keluaran tenaga 150 dk dan 190 dk. Mesin TSI yang paling bertenaga mengeluarkan output 280 dk, sementara versi paling bertenaga di mesin TDI mampu menghasilkan 240 dk.

Selain mesin-mesin tersebut, masih ada satu lagi pilihan. Yakni, 1.5 TSI Evo yang merupakan mesin generasi terbaru dari Volkswagen. Terimakasih terhadap teknologi seperti Active Cylinder Manage- ment (ACT) yang mampu memberikan efisiensi bahan bakar secara luar biasa.

Aura sportscar terasa kuat berkat perpaduan bahan alcantara dan kulit

Kesan sporti dan elegan mencuat dalam kombinasi warna di interior

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.