TOP STORY: BMW M8 PROTOTYPE

BMW kembali memberi kejutan dengan menghadirkan BMW M8. Coupe besar yang mudah diajak berdansa di lintasan balap

Auto Bild Indonesia - - Contents - Penulis: Danang Wasito

Monster baru keluarga M

BMW mengeluarkan senjata barunya. Berselang dua hari setelah memperkenalkan konsep BMW Seri 8 di Con- corso d’Eleganza Villa d’Este, Italia, BMW justru memberikan kejutan dengan memperlihatkan BMW M8 di sirkuit Nürburgring, Jerman.

Sayangnya, BMW masih enggan mengungkap sosok M8 secara gamblang. Baik tampilan seutuhnya ataupun spesifikasi secara detail. Saat diperkenalkan ia masih diselubungi sticker di sekujur tubuhnya.

Namun, sedikit terlihat di beberapa bagian seperti headlamp dan

stoplamp yang memiliki desain mirip dengan mobil konsep BMW Seri 8. Dengan karakter M Performance,

mobil ini dibekali dengan air intake besar, sistem pengereman yang lebih canggih, dan knalpot yang memiliki 4 lubang.

“Konsep dan pengembangan BMW Seri 8 dan M8 berjalan secara paralel. BMW M8 dibangun dari basis BMW Seri 8 standar dengan menambahkan kemampuan agar lebih presisi dan dinamis saat berada di sirkuit,” beber Frank van Meel, President BMW M Division.

Van Meel juga sedikit memberikan sekelumit bocoran kalau jantung penggerak BMW M8 tidak memakai mesin V12 berkaitan masalah bobot. Diperkirakan BMW M8 akan memakai mesin 4.400 cc

twin-turbo V8 yang performanya akan ditingkatkan dengan tenaga mencapai 600 dk.

Selain itu, ia juga digadanggadang sudah bisa hadir di penghujung tahun ini dengan penggerak all-wheel drive dan transmsi otomatis 8 percepatan.

Dalam pengembangannya, M8 juga disiapkan untuk spesifkasi balap. BMW M8 GTE akan diandalkan untuk menjadi ujung tombak kembalinya BMW Motorsport di balap LeMans.

Jens Marquardt, Direktur BMW Motorsport pun ikut bicara jika BMW M8 GTE akan terlihat spektakuler. Ia mengungkapkan jika BMW M8 GTE juga akan segera memulai debutnya di kejuaraan Daytona 24-Hours pada Januari 2018 nanti.

Dibangun dari basis BMW Seri 8 standar

Sebagian detail aerodinamika mobil

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.