FIRST DRIVE: VOLVO V40 CROSS COUNTRY

Crossover mewah

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - 4Penulis: Stefanus Yoga

Pada gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu, Volvo kembali hadir ke Indonesia melalui APM Garansindo Group. Kehadirannya kembali langsung meluncurkan beberapa produk sekaligus. Salah satunya V40 Cross Country.

Sebenarnya, ia bukan merupakan mobil baru seutuhnya. Dengan label Cross Country, hanya merupakan perpanjangan line-up dari V40 yang sudah ada sebelumnya. Dengan perubahan di beberapa detail, ia kini lebih mencirikan sebuah hatchback bertema crossover.

Kesan crossover terlihat jelas dari penambahan skid plate di bawah bumper depan dan samping, serta panel hitam kasar di sekeliling bodi bagian bawah. Selain terlihat lebih gagah, panel hitam ini lebih tahan dalam

menahan kerikil maupun cipratan lumpur dari ban.

Tak sekadar tampang, kini ia memiliki ground clearance yang lebih tinggi 40 mm dibanding V40 standar. Jelas merupakan keuntungan tersendiri dalam menghadapi jalanan yang kasar atau off-road ringan sekaligus.

Desain pelek 19 inci palang limanya terlihat gagah dengan bentuk layaknya akar yang bercabang. Andai ia diberi kelir dual tone seperti mobil-mobil masa kini, pasti akan terlihat lebih atraktif.

Mengintip ke sektor interiornya. Seperti pada model-model Volvo lainnya yang cenderung konservatif, panel dasbornya jauh dari kesan futuristik. Tapi justru inilah sisi positifnya. Ia fokus pada kesan tangguh dengan berbagai tombol-tombol besarnya yang memudahkan.

Headroom penumpang belakang terasa agak menyiksa. Wajar saja karena ia punya bentuk atap melandai di bagian belakang. Meski begitu, ia punya posisi duduk yang ergonomis di semua joknya.

Berbicara dapur pacu, ia menggunakan mesin bensin empat silnder turbo dengan kapasitas 1.969 cc. Mampu menghasilkan tenaga 190 dk dan torsi 300 Nm. Berdasarkan klaim, figur akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh 6,9 detik. Kita lihat saja saat sesi pengetesannya nanti. u

Menggunakan transmisi otomatis Geartronic 6 percepatan

Layout dasbor terkesan konservatif

Pintu bagasi belum menggunakan sistem elektris

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.