TOP STORY: LOTUS EVORA GT430

Lotus terkencang

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - 4Penulis: Muhammad Agung Gunarso

Lotus akhirnya menghadirkan Evora GT430. Mobil ini yang diklaim sebagai “yang terkencang sepanjang sejarah Lotus” hanya diproduksi 60 unit saja. Harga satu unitnya di Inggris sekitar Rp 1,9 miliar.

Sesuai namanya, Evora GT430 mampu menghasilkan tenaga 430 dk. Ini dihasilkan dari mesin V6 3.500 cc yang dicangkokkan supercharger. Dapur pacu ini dikombinasikan dengan transmisi manual 6 speed.

Sama seperti model lainnya, Lotus juga terobsesi menurunkan berat jagoan barunya. GT430 ini sukses dibuat lebih ringan 26 kg dibanding Lotus Evora Sport 410. Ini berkat aplikasi materian serat karbon yang terekspos di beberapa bagian eksterior dan interior.

Kombinasi bobot bersih hanya 1.258 kg dengan mesin kencang dan transmisi sigap, ia bisa berakselerasi 0-100 km/ jam dalam waktu 3,8 detik. Sementara itu kecepatan puncaknya dengan kecepatan maksimum 305 km/jam.

Untuk meningkatkan aerodinamika dan mempertegas status mobil kencang, GT430 dibekali carbon splitter, diffuser, dan rear wing berukuran besar. Kehadiran aero kit agresif ini mampu memberikan downforce hingga 250 kg pada kecepatan 305 km/jam tau 64 kg di 144 km/jam.

Bodi ringan GT430 ini didukung oleh peredam kejut Ohlins yang di-tuning khusus oleh Lotus dan per Eibach yang bobotnya juga sangat rigan. Plus Torsen limitedslip differential, pelek multi-spoke 19 inci di depan dan 20 inci di belakang yang dibalut ban Michelin Pilot Sport Cup 2.

Ketika masuk ke kabin, mata langsung disambut material serat karbon. Dari instrumen cluster, door sills, sampai rangka kursi. Jok sport dibalut materil Alcantara berkelir hitam serta aksen merah dengan jahitan ganda menggenapi aura sport di interior.

Menariknya, Evora GT430 dilengkapi mode berkendara, yakni Drive, Sport, dan Race. Variable Control Traction dengan 6 setelan, cruise control, dan tyre pressure monitoring system juga disematkan padanya. u

Lotus Evora GT430 berat kosongnya hanya 1.258 kg

Desain dan sayap belakang sukses membuatnya

terlihat sporti

Interiornya bernuansa sporti dan juga berkelas

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.