KNOWLEDGE: TEKNOLOGI HEAD UNIT

Berkembang sangat canggih

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - 4Penulis: Ivan Casagrande Momot

Awalnya head unit (HU) punya fungsi yang sangat sederhana. Sampai tahun 1990-an, mayoritas HU hanya berkemampuan memutar kaset dan radio. Pun dengan ukuran standar yakni single DIN.

Single DIN sendiri merupakan pengukuran yang merujuk pada standar otomotif Jerman. Deutsches Institut für Normung yang biasa disingkat DIN. Pengukuran ini mengacu pada slot yang ada pada dasbor, dengan tinggi HU sekitar 50 mm, maka disebut single DIN, sementara di rentang 100 mm menjadi double DIN.

HU pun berevolusi dengan menyertakan layar monitor untuk memenuhi aspek visual. Paling banyak adalah HU berukuran double DIN karena ukurannya yang lebih suportif untuk kebutuhan visual sebut saja menonton, pengaturan dan sebagainya.

Seiring perkembangan teknologi otomotif, HU berevolusi dengan banyak sekali fitur. Sebelumnya fitur terbaik yang bisa dimaksimalkan head unit hanyalah konektor auxiliary input (Aux-In). Slot Aux-In ini bisa menyambungkan peranti tambahan ke HU. Misalnya iPod, MP3 player, ponsel dan lain-lain. Namun bahkan Aux-In sifatnya masih analog dan melibatkan kabel sebagai konektor.

Tapi kini teknologi di HU mobil sudah selangkah lebih maju. Berbagai koneksi nirkabel tersedia mulai dari Bluetooth, Mirroring, Wi-Fi, hingga melalui kabel HDMI. Jika hal tersebut dirasa kurang, ada banyak teknologi canggih lain yang kini tersedia melalui HU standar.

Lebih jauh, perkembangan HU sekarang tak hanya dari segi koneksi, namun juga fitur dan fungsi. Fitur, ia sudah bisa memiliki kemampuan internet yang membuat penumpang di mobil bisa selalu online dengan media sosial.

Sementara fungsi, HU kini diberdayakan oleh pabrikan mobil untuk menjadi medium banyak info dan pengaturan. Termasuk visualisasi kamera parkir yang ditampilkan di HU.

Berikut adalah beberapa kecanggihan HU yang ada pada mobil-mobil standar masa kini. u

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.