TEST DRIVE: HONDA CR-V 1.5 TURBO

Supremasi turbo

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - 4Penulis: Trybowo Laksono

Setelah mengulasnya dalam rubrik First Impression dan First Drive beberapa waktu lalu, kini tiba saatnya kami mengulas lengkap dalam artikel Test Drive.

Selama ini kami begitu penasaran, apakah CR-V termewah yang menggendong mesin dan transmisi baru mampu membawa perubahan signifikan terhadap performanya? Jawabannya, iya.

Sebelum kami menjelaskan, kami singgung dulu CR-V tipe Prestige di generasi terdahulu. Menggunakan mesin 2.354 cc 4 silinder, tenaga yang dikeluarkan mencapai 190 dk dengan torsi 222 Nm. Output itu lalu dihantarkan ke roda depan melalui transmisi otomatis hidraulis 5 percepatan.

Kini, Honda menyematkan mesin ajaib dengan kapasitas kompak 1.498 cc 4 silinder tapi dengan asistensi turbo. Tenaganya identik yaitu sama-sama 190 dk, tapi peak power sudah didapat di putaran lebih rendah (5.600 rpm vs 7.000 rpm). Soal torsi, mesin 1.5 Turbo baru ini lebih perkasa dengan angka 240 Nm sementara penduhulunya hanya 222 Nm. Dipadu transmisi otomatis CVT berteknologi Earth Dreams, CR-V 1.5 Turbo baru memberikan hasil tes yang sangat positif.

Pada akselerasi 0-100 km/jam, ia menuntaskannya dalam tempo 8,7 detik. Lebih cepat 1,6 detik dari generasi sebelumnya yang butuh 10,3 detik. Untuk ukuran SUV berkapasitas 7 penumpang, akselerasi CR-V baru ini sungguh luar biasa.

Bagaimana dengan efisiensi BBM? Di rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, ia membukukan 10 km/l. Lebih baik

dari sebelumnya yang harus puas di figur 9,1 km/l. Di rute tol pun ia lebih hemat dengan catatan 15,5 km/l. Membaik 0,9 km/l dari yang sebelumnya 14,6 km/l.

Kehematan konsumsi BBM ini tak lepas dari peran transmisi CVT yang mampu bekerja halus dengan putaran mesin lebih rendah. Untuk berlari konstan di kecepatan 100 km/jam, ia hanya butuh 1.700 rpm.

Tapi yang tak kalah istimewa adalah improvement- nya di sektor kenyamanan. Bantingan suspensi kini lebih lembut bahkan mendekati atau setara dengan keempukan Nissan X-Trail. Ini jelas impresif karena soal handling, ia tetap lebih baik dari X-Trail dan tetap dengan khasnya CR-V yang fun to drive.

Tak hanya itu, masalah CR-V sebelumnya yang kabin kerap terintrusi oleh road noise, kini hilang dan interior beralih menjadi ruang yang senyap saat mobil melaju. Artinya, faktor kenyamanan membaik signifikan dari generasi sebelumnya.

Tapi soal kelegaan mungkin

menjadi hal yang kompromistis. Headroom tak ada masalah, tapi legroom jadi hal yang relatif tergantung kemauan penumpang.

Jika diisi hanya 5 penumpang, kursi baris kedua bisa dimundurkan maksimal dan legroom jadi sangat lega. Tapi jika diisi 7 orang, maka kursi baris kedua harus dimajukan jika ingin memberi legroom yang beradab bagi pengisi baris ketiga. Ini membuat akomodasi baris kedua jadi biasa saja.

Menempati kasta sebagai flagship CR-V termewah, varian Pres- tige ini mendapat privilege dengan beberapa fitur unggulan. Panoramic + sunroof, power tailgate, lampu eksterior full LED, dan 6 buah airbags adalah fitur-fitur yang tak dimiliki varian di bawahnya.

Jangan lupakan faktor kepraktisan yang termasuk impresif karena storage tersebar merata di kabin. Di konsol tengah, glove box, hingga seluruh doortrim menghadirkan tempat penyimpanan yang praktis.

Lantas apakah ia memang sesempurna itu? Sayangnya tidak. Mesin itu memang kencang, tapi ia terkendala oleh turbo lag yang muncul di putaran mesin rendah. Pengemudi harus lebih berani menekan pedal gas untuk memancing mesin agar berputar lebih tinggi di kecepatan jelajah. Bahkan dibanding saudaranya, Civic Turbo, yang menggunakan mesin sama – tapi berbeda set ECU, mesin CR-V Turbo ini lebih terasa lag- nya.

Kemudian soal fitur. Bukannya minim, tapi rasanya kurang sempurna karena beberapa fitur yang lebih sering dipakai malah absen darinya. Seperti lampu otomatis dan wiper otomatis. Ini membuat pengemudi masih harus ‘bekerja’ setelah banyak fasilitas yang sudah ada padanya. u

Interior mewah dan modern dengan head unit 9 inci

Kabin praktis dengan tempat penyimpanan banyak dan besar

Menutup bagasi dengan menekan tombol

Panoramic + sunroof menambah rasa istimewa di kabin

CR-V kembali ke format 7 tempat duduk

Knalpot ganda di buritan

Mesin kencang namun terkendala turbo lag

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.