FIRST IMPRESSION: TOYOTA C-HR HYBRID

Rival Honda HR-V yang hemat bahan bakar

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - 4Penulis: Aries Aditya Putra

Setelah tahun lalu PT Toyota Astra Motor menghadirkan versi konsep, di GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2017 Toyota Indonesia menghadirkan C-HR yang sudah diproduksi massal. Tapi kali ini, ia datang dengan mesin yang lebih advance berteknologi Hybrid Synergy Drive.

Sebetulnya, versi produksi C-HR menjalani debutnya di ajang Ge- neva Motor Show 2016. Dan inilah mobil yang paling ditunggu saat ini dari Toyota untuk menandingi para rivalnya, mulai dari Honda HR-V, Nissan Juke, Chevrolet Trax, hingga Mazda CX-3.

Sama seperti Toyota Prius terbaru, C-HR juga sudah menggunakan platform baru yakni Toyota New Generation Architecture (TNGA).

Bicara desain, tampilannya tak berbeda jauh dari versi konsep. Sudut-sudut tajam di setiap sisi tetap dipertahankan pada C-HR versi produksi yang membuatnya tampil futuristis. Desain lampu depan tipis yang sudah mengandalkan multi LED memberikan kesan modern.

Ketika melihat bagian samping, sama seperti Juke dan juga HR-V, terkesan mobil ini hanya memiliki dua pintu. Hal ini berkat desain bukaan pintu belakang yang diletak- kan di pilar C sehingga penampilannya bak mobil coupé.

Desain interior juga tidak kalah menarik. Bentuk dasbor sangat berorientasi terhadap pengemudi sehingga memudahkan pengemudi untuk menggapai tombol-tombol pengaturan.

Dari yang kami rasakan saat duduk di jok pengemudi seperti sedang duduk di mobil sports. Posisi duduk yang rendah ditambah

desain doortrim tinggi membuat pengemudi seakan tenggelam.

Hal yang sama juga terasa di jok belakang. Meski legroom serta headroom masih memadai untuk figur 168 cm, hanya saja desain pilar C yang sangat besar bikin Anda tidak bisa melihat langsung ke kaca ketika bersandar, yang ada hanya pilar C.

Selain desain yang menarik, CHR juga dilengkapi dengan sistem keselamatan yang dikembangkan melalui Toyota Safety Sense (TSS) yang terlihat pada feature keselamatan yang lebih advance, seperti Collision System with Pedestrian Detection yang tidak hanya berorientasi terhadap pengendara dan penumpang, tapi juga keselamatan orang lain di luar kendaraan seperti pejalan kaki di trotoar. Mobil ini juga dilengkapi Lane Departure Alert untuk mencegah kendaraan ke luar jalur serta Adapative Cruise Control.

Sebagai sumber tenaga, mobil ini dilengkapi dengan mesin 4 silinder kapasitas 1.798 cc yang sang- gup menghasilkan tenaga 122 dk serta torsi 142 Nm. Kecil memang jika dibandingkan dengan HR-V 1.8 Prestige yang punya tenaga 139 dk.

Tapi C-HR dilengkapi tambahan tenaga dari motor listrik yang mampu menghasilkan daya sebesar 53 Kw (71 dk) serta torsi sebesar 163

Nm. Sebagai penyalur tenaga, C-HR mengandalkan CVT yang disalurkan ke roda depan.

Toyota Indonesia memastikan kalau varian hybrid akan segera dijual di Indonesia. Hanya saja, Toyota masih menunggu kebijakan pemerintah soal aturan baru kendaraan hybrid.

Sebab, dengan hitungan saat ini, luxury tax sebesar 20 persen plus pajak impor hampir 20 persen, dengan total pajak 40 persen membuat mobil ini bisa dijual dengan harga sekitar Rp 500 jutaan. Jadi terlalu tinggi untuk sebuah mobil Compact SUV meski ia dilengkapi tambahan motor listrik. u

36

Layout dasbor berorientasi pada pengemudi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.