ROAD TEST: DUEL MEDIUM SUV TERMEWAH

Mazda CX-5 Elite vs Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige vs Renault Koleos Panoramic Roof. Siapa Juaranya?

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - PENULIS: TIM AUTO BILD FOTO: TRIYATNA WIDIADI

Dalam rangkaian perang dunia kedua, pada 9 Maret 1945 Jepang pernah melakukan kudeta terhadap pasukan kolonial Prancis yang dikenal sebagai Meigo Sakusen (Operasi Bulan Purnama). Meskipun Prancis telah mengantisipasi serangan, Jepang berhasil melakukan kampanye militer melawan garnisun-garnisun di seluruh koloni tersebut.

Hal yang sama juga terjadi di pertarungan Medium SUV kali ini. Sang juara bertahan asal pabrikan Prancis, Renault Koleos harus menahan gempuran duo SUV Jepang yang keduanya punya sesuatu yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Medium SUV kepunyaan Renault ini dibangun berdasarkan platform modular CMF-CD khas Renault-Nissan. Berbeda dengan Nissan X-Trail, ubahan masif dilakukan di sekujur Renault Koleos. Misalnya saja tampilan eksterior yang begitu futuristis dan terkesan modern hingga tampilan aura kabin yang dibuat lebih advance. Meskipun, Renault Koleos masih berbagi mesin dengan kepunyaan X-Trail yakni unit 2.488 cc 4 silinder.

Kandidat paling baru tentu saja Mazda CX-5 Elite yang baru diluncurkan pada beberapa waktu lalu. Meski secara keseluruhan ia tidak berbeda jauh dengan versi sebelumnya, tapi tahukah Anda jika Mazda CX-5 terbaru ini punya 250 perbedaan?

Memang, ia masih menggu-

nakan mesin dengan kubikasi yang sama. Tapi, faktanya ia ada sedikit revisi di sektor mesin. Dengan kapasitas mesin yang sama, tenaganya bertambah 3 dk dan torsi 1 Nm.

Dan peserta terakhir yang tidak kalah mengejutkan adalah Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige. Sesuai namanya, generasi terbaru dari CR-V ini dilengkapi kapasitas mesin yang lebih kecil. Tapi berkat dukungan turbo, tenaganya bisa sama dengan mesin sebelumnya yaitu 190 dk yang bisa diraih pada putaran mesin lebih rendah yakni 5.600 rpm.

Kalau begitu, langsung saja kita mulai pertarungan panas ini. Mampukah sang juara bertahan dari Prancis itu menahan gempuran? Atau justru harus menyerahkan tahtanya pada salah satu produk asal Jepang. u

52

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.