FIRST IMPRESSION: VOLVO XC 90 INSCRIPTION

Varian termewah seharga Rp 1,5 miliar lebih

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - 4Penulis: Ivan Casagrande Momot

Setelah sempat hengkang, Volvo kini kembali lagi ke Tanah Air. Pabrikan asal Swedia itu ibarat membangkitkan memoar cinta lama bersemi kembali. Dan salah satu ramuan cintanya adalah dengan menghadirkan Big Luxury SUV yang menawan yakni Volvo XC90.

GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2017 lalu jadi saksi penampilan perdana XC90 di Indonesia. Mobil ini hadir dalam 2 trim yakni Volvo XC90 Momentum T5 2L Turbocharged dan Volvo XC90 Inscription T6 2L Supercharged turbo.

Pilihan kami langsung ke varian termewah XC90 Inscription yang dilego seharga Rp 1,499 miliar off the road. Lantas apa saja yang ditawarkan mobil berkapasitas 7 penumpang ini?

Kami mulai dari eksterior. Meskipun hadir dengan dimensi yang sama yakni panjang 4.950 mm, lebar 2.140 mm dan tinggi 1.776 mm, ada beberapa kelengkapan berbeda yang disematkan di tipe XC90 Inscription.

Pada wajah depan, XC90 Inscription dilengkapi gril berlapis krom, sementara pada XC90 Momentum gril tersebut berwarna hitam. Perbedaan lain ada di desain roof rail di atap, side body moulding bertuliskan Inscription, emblem krom yang menempel di buritan serta ukuran ban dan pelek. XC90 didukung ban berukuran 275/45 R20, sementara pada tipe XC90 Momentum meng-

gunakan ban 235/55 R19.

Desain bodi XC90 yang minim tarikan garis tegas ini memang mirip dengan aura elegan yang ditampilkan salah satu rivalnya yakni Audi Q7. Tapi identitas wajah XC90 mudah dikenali dengan lampu utama LED yang dijejali DRL T-shaped bergaya ala ‘Palu Thor’.

Selain eksterior, perbedaan utama yang ada pada XC90 Inscription T6 ialah bagian mesin. Model ini mengusung mesin 1.969 cc 4 silinder dengan supercharger dan turbo yang bisa mengeluarkan tenaga 320 dk di 5.700 rpm dan torsi 400 Nm di rentang 2.200 – 5400 rpm. Lebih besar dibanding XC90 Momentum T5 yang hanya bertenaga 254 dk dan torsi 350 Nm.

Mesin tersebut terhubung ke transmisi otomatis 8 percepatan dengan sistem gerak roda all-wheel drive (AWD). Penggunaan sistem gerak roda AWD kami yakini akan mampu meningkatkan kualitas grip ban dan handling XC90 di berbagai macam kondisi jalan. Termasuk grip yang lebih mantap sebab sistem AWD ini bekerja permanen alias terus menerus.

Di kabin, kesan futuristis ditunjukkan dari tampilan dasbor XC90. Ada head unit layar sentuh berukuran 8 inci dan sudah tertanam sistem terbaru dari Volvo yakni Sensus Connect. Layaknya tablet, ia bisa memberi pengaturan sistem AC climate control 4 zona, kamera pandang belakang hingga sistem navigasi. Bahkan layar tersebut juga bisa untuk mirroring perangkat Android atau iPhone dan diaktifkan sebagai WiFi hotspot.

Perangkat pendukung lain mulai dari spidometer berukuran 12,3 inci, head-up display dan sistem audio berkekuatan 330 watt dengan 10 speaker. XC90 juga menjanjikan pengalaman berkendara lebih aman dengan sederet fitur keselamatan aktif yang disebutnya se- bagai IntelliSafe.

Ada fitur City Safety dengan Collosion Warning yang memberi peringatan saat mobil melaju terlalu dekat dengan mobil lain. Fitur ini bahkan bisa ditingkatkan menjadi pengereman otomatis (Full Auto Brake) yang aktif pada kecepatan

hingga 50 km/jam. Hasilnya, sistem dapat membantu pengemudi dengan mengerem secara otomatis, sehingga menghindari atau membantu mengurangi efek tabrakan. Mirip seperti fitur Smart City Brake Support (SCBS) di mobil-mobil Mazda.

XC90 juga punya sonar untuk mendeteksi obyek saat melaju di area minim cahaya. Ada juga Rear Collision Mitigation yang bekerja mengurangi laju mobil ketika kendaraan di depan tiba-tiba bergerak perlahan. Hingga tersedianya Park Assist yang membantu untuk parkir otomatis secara seri dan paralel.

Sederet amunisi ini kami yakini jadi modal berharga untuk bersaing melawan rival sekelas macam BMW X5, Audi Q7 hingga Mercedes-Benz GLE. Meski tantangannya, tentu saja dari layanan purna jual dan memupuk kembali kepercayaan konsumen yang notabene sudah lama kehilangan imej Volvo beberapa tahun belakangan ini. u

32

Dasbor mewah dengan sisipan aksen kayu

Tampang depan dengan gril krom dan headlamp yang diimbuhi DRL LED

Jok kulit dengan suguhan ruang kaki dan kepala di baris kedua lega

Tuas transmisi otomatis 8 percepatan

Head unit layar sentuh model tablet berukuran 8 inci

Didukung pelek 20 inci berkelir silver

Jok baris kedua dan ketiga bisa dilipat rata

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.