FIRST IMPRESSION: DATSUN GO T-ULTIMATE

Model terbaru dengan fitur terlengkap

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - 4Penulis: Muhammad Agung Gunarso

Pasar mobil Low Cost Green Car (LCGC) tak pernah kehilangan daya tariknya. Seperti Datsun yang menunjukkan semangatnya dengan menghadirkan Datsun GO varian baru, Datsun GO T-Ultimate.

Datsun GO T-Ultimate sengaja diciptakan untuk mereka yang berjiwa muda serta ingin tampil beda. Tampilan kini dipertegas oleh pelek 15 inci dengan kelir abu-abu yang terlihat lebih sporti. Sementara wajah masih sama dengan gril sarang lebah headlamp dengan lampu halogen itu kini diimbuhi fitur Follow Me Home yang biasanya ada pada mobil-mobil premium.

Fitur lampu ini berguna saat malam hari ketika Anda tiba di rumah ataupun di lokasi parkir. Cara penggunaan fitur ini pun mudah. Anda cukup mematikan mesin mobil dan lampu utama. Kemudian tarik tuas sekali saja seperti menyalakan lampu jauh, dan lampu utama akan kembali menyala selama 20 detik. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa kegelapan dengan bantuan pencahayaan sementara.

Dari segi kenyamanan, ia kini dilengkapi Electric Power Steering (EPS) dengan speed sensitive. Artinya, bobot setir tergantung pada kecepatan mobil. Misalnya, Anda berada pada kecepatan rendah maka setir akan terasa enteng yang berguna ketika berjalan di lo- kasi sempit seperti tempat parkir. Sedangkan di kecepatan tinggi setir akan terasa lebih berat agar olah kemudi jadi lebih meyakinkan untuk bermanuver.

Spion kini sudah dilengkapi tenaga elektris dengan lampu sein untuk memberikan rasa percaya diri ketika mengendarainya. Fitur lainnya adalah Intelligent Wiping System. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk mengatur kecepatan sapuan wiper depan. Dengan begitu, maka kecepatan wiper bisa disesuaikan dengan intensitas hujan.

Duduk di kursi pengemudi muncul nuansa sporti dengan kursi yang dibungkus cover seat berwarna hitam. Formatnya masih sama dengan Datsun GO tipe lainnya yakni nyaman dengan dasbor yang landai sehingga menguntungkan visibilitas ke depan.

Sayang, setirnya tidak dilengkapi tombol audio untuk memberikan kemudahan dan juga kenyamanan bagi si pengemudi. AC juga belum menggunakan double blower sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk membuat kabin dingin.

Fitur hiburan juga masih mengandalkan head unit 1DIN. Tapi masih tetap bisa bersenang-senang untuk mendengarkan radio ataupun memutar musik dari ponsel via USB maupun Aux-in. Ia juga sudah mengusung central door locking sehingga lebih aman saat berkendara dengan anak kecil. Fitur keyless entry juga tersedia untuk memberi kemudahan.

Soal mesin, ia masih sejajar dengan para rivalnya berkapasitas 1.198 cc DOHC tiga silinder. Mesin berkode HR12DE ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 68 dk dan torsi 104 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke poros roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5 percepatan.

Datsun GO dan GO+ T Ultimate

ini menjadi yang ketiga setelah Datsun GO T-Option serta Datsun GO T-Active hadir. Dimana varian ini pertama kali diperkenalkan pada Agustus lalu di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Tapi yang sangat dinanti publik ter- hadap keluarga Datsun adalah transmisi otomatis. Sampai kini, tidak ada varian Datsun di Indonesia baik GO maupun GO+ mengaplikasi transmisi otomatis. Padahal itu sangat penting untuk menyerap konsumen perkotaan yang akrab dengan lalu lintas yang padat. u

Setir palang tiga dengan electronic power steering

Mesin sama dengan Datsun Go tipe lainnya

Cover seat baru berwarna hitam

Lampu halogen dengan fitur Follow Me Home

Pelek 15 inci berpenampilan sporti

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.