FIRST IMPRESSION: HONDA CIVIC TYPE R

Tipe terkencang sekaligus termahal

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - 4Penulis: Trybowo Laksono

Hampir semua car enthusiast mengenal Honda Civic. Nama Civic sudah sedemikian harum mengingat reputasinya sebagai mobil yang potensial untuk menjadi kencang ataupun cantik.

Setelah merilis Civic sedan dan Civic Hatchback yang menggunakan mesin turbo berkapasitas kompak (1.500 cc), PT Honda Prospect Motor menggenapi lini produk Civic dengan hadirnya Type R. Inilah Sang Raja dalam silsilah keluarga Civic. Menggendong mesin paling bertenaga, Type R adalah Civic terkencang yang ada saat ini.

Type R menggunakan mesin 1.996 cc 4 silinder turbo. Dengan teknologi Earth Dreams, mesin ini mampu merilis tenaga 310 dk dan torsi 400 Nm. Output yang sangat besar mengingat salah satu rivalnya di Indonesia, Renault Megane R.S. 265, harus puas dengan daya maksimum 265 dk.

Tenaga dan torsi besar Type R lalu disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6 percepatan. Transmisi dengan pedal kopling menjadi satu-satunya pilihan transmisi Type R di seluruh dunia. Jadi jika Anda memilikinya jangan protes jika suatu saat berhadapan dengan kemacetan. Kabar baiknya, saat kami injak pedal kopling tersebut, bobotnya termasuk ringan untuk ukuran mobil berdaya sebesar ini.

Interior Type R sangat menggugah dengan jok semi bucket bermaterial suede dengan warna merah menyala. Jika di Civic reguler, baik sedan maupun hatchback, jok pengemudinya bertenaga elektris, maka di Civic Type R pengaturan bangkunya justru secara manual. Selain absen fitur jok elektris, fitur Remote Engine Start pun juga tiada padanya. Untunglah ada soket 12V dan kanal USB untuk mendukung kehidupan gadget Anda.

Konsol tengah adalah tempat istimewa bagi Type R. Selain tuas persneling yang ringan dan presisi, di pojok kiri bawah ada tombol pengaturan mode berkendara. Ada 3 pilihannya, Sport, Comfort dan +R. Type R menempatkan mode Sport sebagai default, namun respons paling tajam tentulah +R. Termasuk akselerasi dahsyat 0-100 km/jam yang diklaim bisa selesai dalam 5,8 detik.

Sementara itu, bangku belakang hanya bisa diisi oleh 2 orang penumpang dan kepraktisan masih terjaga layaknya Civic reguler. Kami sempat tes akomodasinya dan Type R sama persis dengan Civic Hatchback. Baik legroom maupun headroom.

Pun demikian dengan bagasinya. Masih terhitung luas yang bahkan sandaran jok baris kedua bisa dilipat untuk menggandakan kapasitas kargo.

Sekarang lihat tampilan luarnya. Type R harus diakui adalah salah satu Civic tergarang yang pernah dilahirkan. Ini bukan Type R pertama tapi baru kali ini Type R punya body-kit seagresif ini.

Di bagian depan, selain bumper besar dengan motif sarang tawon, di kap mesin ada corong airscoop

untuk menghisap angin segar.

Body-kit juga hadir di bagian samping hingga belakang.

Type R mengambil basis dari Civic Hatchback yang berformat

hatchback. Selain spoiler, perbedaan signifikan di eksterior adalah adanya over fender yang membuat Type R terlihat lebar dan berotot. Sementara di bagian belakang, sa-

yap berukuran masif ditemani vor- tex generator di atap dan splitter di bawah bumper diklaim mampu meningkatkan nilai aerodinamika saat bermanuver kecepatan tinggi.

Saat kami meliputnya di GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2017, ada beberapa pengun- jung yang mengatakan kalau bodykit Type R yang semasif ini malah terkesan berlebihan. Tapi menurut kami tidak.

Justru di titik inilah perangkat aerodinamika sesangar itu terasa paling efektif mendukung performanya. Itu terlihat dari klaim pen- capaian Type R sebagai mobil gerak roda depan (FWD) tercepat yang menaklukkan sirkuit Nurburgring, Jerman. Honda Civic Type R menyelesaikan 1 putaran penuh dengan catatan 7:43,8 dan itu jelas figur yang sangat representatif menggambarkan kecepatannya. u

Panel carbon look di dasbor dan door trim

Mode berkendara di konsol tengah

Bangku belakang untuk 2 penumpang saja

Jok semi-bucket berwarna merah

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.