TOP STORY: CHEVROLET CAMARO ZL1 1LE

Camaro tercepat

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - 4Penulis: Danang Wasito

Performa sportscar Chevrolet Camaro kembali ditingkatkan. Sebagai seri tertinggi, Camaro ZL1 1LE dirancang lebih cekatan untuk dipacu di sirkuit. Bahkan ia merupakan sportscar tercepat Chevrolet di Sirkuit Nürburgring karena berhasil mencatatkan waktu 7 menit 16 detik untuk satu putaran.

Soal akselerasi, Chevrolet mengklaim jika ZL1 1LE mampu sprint 0-100 km/jam dalam waktu 3 detik yang lebih cepat dari ZL1. Sebagai gambaran Camaro ZL1 bertransmisi otomatis 10 percepatan mampu mencatatkan 3,9 detik.

Soal tampilan tidak jauh berbeda dari generasi pendahulu. Hanya saja, untuk bagian eksterior ZL1 1LE dirancang lebih aerodinamis sekaligus sporti.

Itu bisa disaksikan berkat hadirnya tambahan aerokit pada fascia serta spoiler belakang bermaterialkan serat karbon yang lebih lebar. Sehingga downforce lebih maksimal dan sukses membuat kendaraan lebih stabil lalu cepat saat di tikungan.

Urusan dapur pacu, Chevrolet masih mempercayakan jantung penggerak yang dipakai Camaro ZL1, mesin berkapasitas 6.200 cc V8 supercharger yang mampu merilis tenaga sampai 650 dk dan torsi puncak 880 Nm.

Alasan ia lebih cepat adalah karena dengan cerdik insinyur Chevrolet membuat bobot ZL1 1LE lebih ringan dari ZL1. Salah satunya adalah pemilihan transmisi manual 6 percepatan yang jelas memiliki bobot komponen lebih enteng dibanding mekanisme transmisi otomatis.

Selain itu, reduksi bobot juga dipengaruhi dari pemilihan pelek alumunium berdiameter 19 inci yang dikawinkan dengan ban eksklusif untuk Camaro, ban Goodyear Eagle F1 Supercar 3R.

Kemudian rombakan juga berlanjut pada penggunaan peredam kejut Multimatic DSSV (Dynamic Suspension Spool Valve) yang ketinggiannya bisa diatur sesuai kebutuhan.

Untuk harga, sedan berjuluk “Bumblebee” ini dibanderol seharga AS$ 69.995 (Rp 933,3 juta). Tertarik? u

Tampilan makin “galak” berkat hadrinya aerokit

Spoiler serat karbon sukses

membuat aerodinamis

meningkat

Kaliper rem merah dengan 6 piston di bagian depan dan 4 piston di bagian belakang

Kabin sporti lengkap dengan jok Recaro

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.