BEST CHOICE: MOBKAS PADDLE SHIFT

Menyenangkan dikendarai

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - Penulis: Danang Wasito

Mobil dengan transmisi otomatis sejatinya memberikan kualitas berkendara lebih nyaman dan praktis dibanding tranmisi manual. Namun di lain sisi, bagi pengemudi antusias, penghantaran tenaga yang otomatis atau diatur oleh komputer justru mengurangi keasyikan berkendara.

Untuk mengantisipasi hal itu, pabrikan menciptakan mode manual di transmisi otomatis. Tujuannya, membuat pengemudi tetap punya kuasa untuk menaik-turunkan posisi gigi atau rasio belt (di transmisi CVT). Dengan begitu, maka pengemudi bisa mengganti gigi di putaran mesin lebih tinggi atau melakukan engine brake sesuai kebutuhan dan keinginannya.

Lebih jauh, mode manual semakin menyenangkan pengemudi dengan adanya paddle-shift. Me- lalui pedal yang berada di balik kemudi ini, maka pengemudi bisa melakukan pergantian gigi ( shifting) di mode manual dengan cara yang lebih sporti. Paddle-shift, membuat mobil biasa terasa bagai mobil balap.

Keuntungan lain dari paddleshift, tangan pengemudi tak usah lepas dari kemudi saat shifting. Eksesnya, poin keselamatan jadi lebih baik karena pengemudi bisa lebih fokus.

Menariknya dipasaran fitur tersebut ada di beberapa jenis mobil, seperti sedan, MPV, SUV hingga hatchback. Sehingga Anda bisa menyesuaiakan dengan kebutuhan. u

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.