TOP STORY: TOYOTA YARIS ATIV

Sedan ramah lingkungan

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - 4Penulis: Stefanus Yoga

Eco Car merupakan program pemerintah di Thailand. Regulasinya, mobil dengan bahan bakar bensin harus memiliki kapasitas mesin maksimal 1.300 cc. Nah, demi memenuhi regulasi tersebut Toyota Yaris Ativ diluncurkan. Yup, inilah sedan pertama Toyota yang masuk dalam kategori Eco Car dengan kapasitas mesin kecil.

Yaris Ativ akan didukung oleh mesin empat silinder Dual VVT-i 1.200 cc yang dipasangkan ke transmisi otomatis CVT. Transmisi ini akan meneruskan tenaga ke roda depan demi menunjang efisiensi.

Mesin berkode 3NR-FE yang digunakan, sama dengan Toyota Yaris tapi dengan racikan ulang di sistem komputernya, sehingga terjadi peningkatan kinerja dan efisiensi pada tenaga 86 dk dan torsi 108 Nm.

Di balik mesinnya yang lebih kecil, Toyota Yaris Ativ digadang menjadi Eco Car teraman di Thailand. Bagaimana tidak, Ia dilengkapi dengan tujuh buah airbags, yang mencakup bagian depan, tirai bagian kanan dan kiri, bagian samping jok, serta lutut pengemudi.

Cukup sampai di situ?, ternyata tidak. Yaris Ativ juga akan menerima ABS dengan EBD pada sektor pengereman, serta Traction Control dan Vehicle Stability Control (VSC).

Secara visual, Toyota Yaris Ativ mendapat fasia depan dan belakang yang diperbarui. Ujung depan dihiasi oleh kisi-kisi besar dengan sepasang DRL LED yang diposisikan di bawah lampu depan. Bagian belakangnya juga dibedakan dari Vios, yakni dengan desain lampu dan bumper yang dirancang ulang. u

Bagian belakang dirancang ulang untuk membedakannya dengan Vios

Menggunakan mesin

berkode 3NR-FE berkapasitas 1.200 cc demi memenuhi regulasi Eco Car

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.