TOP STORY: HONDA ACCORD

Ubahan drastis

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - 4Penulis: Ivan Casagrande Momot

Setelah bocoran gambarnya terkuak, Honda akhirnya resmi meluncurkan Accord 2018. Sedan ini membawa nuansa yang lebih modern karena dibangun berdasarkan basis yang sama dengan Honda Civic dan juga CR-V .

Tampang depan Accord didesain ulang dengan fasia depan yang unik. Di sana bertahta gril besar berlapis krom yang berada di atas intake yang ditempatkan lebih ke bawah.

Mobil ini juga memiliki kap mesin lebih berotot, garis atap yang lebih sporti, dan jendela unik di balik pintu belakang. Di buritan, Accord dilengkapi dengan duck tail yang terintegrasi pada bagasi, lampu belakang LED, dan sistem knalpot ganda dengan aksen krom.

Gaya eksterior yang cenderung sporti tampak berbeda dengan nuansa kabin yang dikemas mewah dengan penggunaan bahan-bahan berkualitas. Duduk di balik kemudi, pengendara akan disambut setir palang tiga. Ada juga panel instrumen dengan meterial lembut, aksen krom, dan sistem audio dengan layar sentuh berukuran 8 inci.

Di lain sisi, Honda memasang sandaran tangan yang lebih dalam dan memperbaiki jok dengan posisi bahu lebih tinggi. Penumpang di baris kedua juga akan mendapatkan kenyamanan maksimal. Pasalnya, jarak sumbu roda Accord baru kini lebih panjang dan menghasilkan hampirpir 50 mm ruang kaki tambahan.

Opsi lain juga tersedia mulai dariari jok depan dengan pemanas danan berventilasi hingga head-up display ay berukuran 6 inci. Termasuk denganan aplikasi charger smartphone nirkabel bel dan konektivitas 4G LTE.

Seperti dua koleganya, Civic danan CR-V, pilihan mesin basic Accord ialah unit 1.500 cc 4 silinder turbocharger yang menghasilkan tenaga 192 dk dan torsi 260 Nm. Mesin ini terhubung ke transmisi manual enam percepatan atau otomatis dengan CVT.

Pilihan lain adalah mesin 2.000 cc 4 silinder turbocharger bertenaga 252 dk dan torsi 369 Nm. Mesin ini akan dipasangkan dengan transmisi manual enam percepatan untuk varian Sport atau transmisi otomatis baru 10 percepatan.

Konsumen juga bisa memilih Accord Hybrid yang ramah lingkungan. Model ini akan dilengkapi mesin Atkinson cycle 2.000 cc dan dua motor listrik. Sayang spesifikasi performa unit ini, baru akan diumumkan lebih lanjut. Meski begitu Honda memastikan jika model Accord Hybrid akan menawarkan “peningkatan transfer

te tenaga tanpa kompromi ke ruang ka kabin atau bagasi.”

Semua pembaruan di Accord juga did didukung oleh struktur bodi yang leb lebih ringan dan kaku karena menggu gunakan baja berkekuatan tinggi. Al Alhasil Accord baru ini diklaim bisa leb lebih ringan 49,9-79,8 kg dibanding pe pendahulunya.

Sementara untuk mendukung pengendalian, Accord 2018 dilengkapi suspensi depan MacPherson strut yang baru dan setup suspensi belakang multi-link yang lebih kompak. Hal lain yang meningkatkan handling sedan besar ini ialah sistem peredam adaptif dan pusat gravitasi yang lebih rendah. u

Accord baru tersedia dalam 3 pilihan mesin

Kabin elegan dengan penggunaan

meterial berkualitas

Sistem audio didukung layar sentuh berukuran 8 inci

Dibangun berdasarkan basis yang sama dengan Honda Civic dan CR-V

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.