HOW TO BUY: TOYOTA CALYA

Panduan beli dan harga terkini

Auto Bild Indonesia - - CONTENT - 4Penulis: Danang Wasito

Toyota Calya merupakan terobosan baru yang coba ditawarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) di kelas mobil LCGC. Dibangun dengan format tiga baris bangku penumpang, sang kembaran Daihatsu Sigra ini sanggup menampung 7 orang. Jika Anda mencari mobil keluarga terjangkau, mobil ini bisa jadi tawaran menggoda dan layak masuk daftar buru Anda.

Dengan dimensi 4.070 x 1.655 x 1.600 mm, kabinnya termasuk lega. Kemudian jok bangku baris kedua, di bagian tengah pun sudah dilengkapi headrest demi kenyamanan saat posisi bersandar.

Masuk ke dalam kabin, interior tipe G yang paling mahal, hadir dengan warna two tone antara cokelat dan hitam. Dan nilai positifnya atap kabin dilengkapi dengan blower.

Tidak seperti AC double blower pada Toyota Avanza. Blower pada Toyota Calya hanya berfungsi menyedot udara sejuk dari AC di bagian depan agar terdistribusi hingga baris belakang.

Urusan performa, Calya menggunakan mesin 3NR berkapasitas 1.197 cc 4 silinder dual VVT-i. Output tenaga yang dihasilkan sampai 88 dk pada 6.000 rpm dan torsi 108 Nm pada 4.200 rpm.

Saat kami tes di kondisi barunya, konsumsi bahan bakar Toyota Calya termasuk efisien. Menggunakan transmsi manual, untuk rute dalam kota ia mampu meraih 18,2 km/l. Sedangkan rute tol adalah 20,7 km/l.

Menariknya, meski menggunakan mekanisme tiga pedal, transisi gigi tuas transmisi dan pedal koplingnya termasuk ringan. Sehingga saat pengoperasian tidak terasa merepotkan.

Poin plus selanjutnya adalah fitur. Walaupun terlahir sebagai mobil LCGC. Toyota Calya sudah

dilengkapi dengan fitur yang cukup. Di antaranya fitur rem ABS agar ban tidak mengunci ketika melakukan hard braking atau rem mendadak.

Bahkan Toyota Calya juga sudah dilengkapi fitur immobilizer agar lebih aman dari pencurian. Lainnya seperti fitur soket listrik 12V untuk penumpang belakang, dual airbags, dan pelipatan spion elektris sudah menjadi kelengkapan standar.

Lantas apabila sudah memantapkan pilihan untuk memboyong Toyota Calya ke dalam garasi rumah, berikut beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum membeli. u

Posisi tuas transmsi mudah dijangkau

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.