Performa

Auto Bild Indonesia - - ROAD TEST -

Parameter ini harusnya menjadi celah bagi Honda CR-V untuk mendulang poin. CR-V kini menggunakan mesin dengan kubikasi paling kecil yakni 1.498 cc 4 silinder VTEC, tapi dengan dukungan turbo.

Tenaganya 190 dk sama dengan keluaran tenaga mesin 2.354 cc 4 silinder di CR-V sebelumnya. Namun, yang hebat ialah, mesin ini memberi torsi 18 Nm lebih besar hingga naik dari 222 Nm jadi 240 Nm.

Dengan komposisi mesin bertenaga terbukti mampu membuat CR-V berlari kencang. Ia bahkan bisa mengobati ‘luka’ di CR-V sebelumnya yang hanya bisa meraih 10,3 detik untuk akselerasi dari 0-100 km/jam menjadi 8,7 detik.

Catatan ini membuat CR-V lebih cepat 0,1 detik dibanding Mazda CX-5 yang meraih 8,8 detik untuk parameter serupa. Sementara Renault Koleos kini jadi jauh tertinggal dengan hanya meraih 9,8 detik di pengujian serupa.

Namun, Renault Koleos mulai memberi perlawanan dengan hasil konsumsi BBM. SUV Prancis ini mampu meraih konsumsi BBM 10,9 km/l untuk rute dalam kota dan 17,9 km/l untuk rute tol.

Konsumsi BBM Koleos di dalam kota memang kalah dibanding CX5 yang bisa meraih 11,8 km/l. Namun, pada rute tol, CX-5 hanya bisa meraih konsumsi BBM seirit 16,4 km/l.

Mulanya kami berpikir jika CR-V yang diberi asistensi turbo bisa mengimbangi ke- cekatan lajunya dengan konsumsi BBM yang lebih irit. Nyatanya prediksi tersebut meleset.

CR-V hanya bisa meraih konsumsi BBM di rute dalam kota seirit 10 km/l. Sementara di rute tol bisa meraih konsumsi BBM 15,5 km/l.

Mazda CX-5 unggul di konsumsi BBM dalam kota

Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige

Mazda CX-5 Elite

Renault Koleos 2.5 CVT Panoramic

Mesin kecil CR-V perkasa berkat asistensi Turbo

Meski tertinggal di akselerasi, konsumsi BBM Koleos di rute tol paling oke

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.