Potensi masalah antena

Auto Bild Indonesia - - CAR CARE -

Karat

Ketika mencuci mobil jangan hanya mengeringkan bodinya saja, keringkan juga seluruh badan antena. Sebab, potensi karat sangat mungkin terjadi terutama pada antena model besi.

Terlebih pada antena model lipat. Setelah basah dan tidak dikeringkan, maka air yang terjebak di badan antena akan teroksidasi dan akhirnya akan menyebabkan karat.

Bengkok/patah

Masalah lain yang juga mengancam antena adalah tertekuk hingga menyebabkan bengkok. Ini biasa terjadi ketika memakaikan sarung mobil.

“Untuk antena model besi, harus hati-hati agar tidak tertekuk saat pakai sarung mobil. Jangan dipaksa karena bisa membuat antena bengkok atau bahkan patah. Sebaiknya dilipat terlebih dahulu agar antena tidak tersangkut atau malah merobek sarung mobil,” ujar Ivan Gerry M, Service Advisor bengkel resmi Suzuki PT Restu Mahkota Karya.

Ivan pun menambahkan untuk model karet sebaiknya diperhatikan ujung antena. “Perhatikan sudut antena agar saat melepas sarung mobil tidak tersangkut. Kerusakan dapat dilihat dari kondisi antena tersebut. Kalau yang fleksibel, karena materialnya karet suka retak-retak. Kalau sudah seperti itu sebaiknya diganti,” imbuh Ivan.

Masalah lainnya, saat menutup

mobil dengan cover, usahakan agar melepas badan antena dulu dari rumahnya. Caranya pun sangat mudah karena itu tinggal memutar badan antena karena ada drat di situ. Pelepasan antena ini juga penting agar cover mobil bisa menutup mobil secara sempurna tanpa ada tonjolan akibat antena.

Motor macet

Khusus untuk antena motorized, debu adalah musuh yang harus diwaspadai. Jika malah membersihkan badan antena dari debu, maka partikel itu berpotensi membuat proses naik-turun antena tersendat. Jika dibiarkan, masalah ini bisa membuat proses itu macet sama sekali sehingga tidak bisa dinaik atau turunkan.

Waspada saat hendak menutup mobil dengan cover

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.