FIAT PUNTO LOUNGE

SATU LAGI CITY CAR ASAL ITALIA YANG MASUK KE INDONESIA. DIA ADALAH FIAT PUNTO…

Auto Expert - - Content - Teks : ARIES ADITYA, VIERKO MOVIARTO Foto : DAVID SRIHANOKO

DIA terlihat mungil dan tetap lucu seperti kebiasaan mobil kecil asal Negara Pizza. Namun, kalau dibandingkan Fiat 500, tampilan Fiat Punto sedikit kalah menggemaskan. Opini ini menurut saya. Anda boleh mengangguk atau menggelengkan kepada. Tapi, bukan berarti dia tidak menarik. Ia memiliki segenap daya tarik lain, khususnya dari fitur yang terhitung melimpah.

Punto yang ada di halaman ini adalah tipe Lounge, atau tipe termahal yang dipasarkan oleh PT Garansindo Inter Global. Harganya Rp 279 juta dengan kondisi off the road. Mahal? Tidak juga. Seperti yang kami sedikit ulas pada paragraf pertama, harga ini dibayar lunas oleh tersedianya fitur canggih dan pintar.

Start & stop system sudah menjadi standarnya. Fungsinya tentu Anda sudah mengerti. Ada lagi adaptive cornering foglight. Lampu yang terdapat di bumper depan ini akan menyala sesuai arah kemudi. Kalau kemudi ke arah kiri, maka foglight bagian kiri yang akan menyala, begitu pun sebaliknya.

Dari sistem keselamatan, terdapat 7 airbag di berbagai posisi yang akan meminimalisir cidera saat terjadi benturan. Bukan hanya itu, A/C dengan display digital sudah dilengkapi fitur climate control. Hal ini masih ditunjang dual zone untuk membuat ruang kabin lebih nyaman.

Blue&Me TomTom LIVE menjadi fitur unggulan yang dimilikinya. Fitur ini terintegrasi dengan layar 4,3 inci yang berada di bagian tengah dashboard. Fitur ini juga memungkinkan Anda melakukan komunikasi melalui fasilitas Bluetooth. Hebatnya, voice command juga telah menjadi standar dari city car ini.

Punto generasi ketiga ini memiliki posisi mengemudi yang cukup nyaman. Sepasang jok berdesain sport serta arm rest yang tersedia di bagian tengah. Ditambah lagi, fitur height and reach adjustable steering wheel serta height adjustable driver’s seat memudahkan posisi duduk ideal.

Bagaimana dengan perfomanya? Hhmm….kembali ke jenis mobil ini. Sebagai city car, ia tidak dibenamkan mesin dengan kapasitas fantastis. Cukup 1.368 cc saja. Fiat mengatakan, dengan tenaga 88,7 dk dan torsi 115 Nm, Anda akan dibuat terbuai oleh sensasi yang dihasilkan mesin MultiAir, electro-hydrolic valve.

Untuk transmisi, Punto dibekali transmisi Auto Manual Transmission (AMT) sama seperti Fiat 500. Hanya saja, AMT 5-speed yang digunakan pada Punto sudah mendapat perbaikan. Utamanya saat perpindahan gigi tak lagi terasa mobil seperti tertahan lajunya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.