Zero Motorcycle: A Slap In The Face

SLOGAN ‘THE FUTURE IS NEAR’ SEPERTINYA SUDAH OUTDATED DAN HARUS DIGANTI DENGAN ‘THE FUTURE IS HERE’. ZERO MENJADI BUKTI HADIRNYA MASA DEPAN KENDARAAN RODA 2. SEBUAH LANGKAH YANG LUAR BIASA BERANI, MENGGUNAKAN MESIN LISTRIK, SEMENTARA PESAINGNYA MASIH MENG

Auto Expert - - Content - Teks : ARIO ZAINUDDIN Foto: AYUB WASKITA

ujur, saat pertama kali mendengar PT Garansindo Technologies akan mengimpor sepeda motor listrik berjuluk Zero ini, kami sedikit skeptis. Maksudnya, kenapa memboyong motor ‘mainan’, sementara yang lain tengah serius dengan brand bermesin bensin di pasar premium.

Ya, kami mengerti, Zero merupakan sepeda motor listrik yang menggunakan baterai dan listrik sebagai sumber tenaga utamanya.Bukan kami belum pernah mencoba kendaraan sejenis sebelumnya, namun kerap hasilnya kurang memuaskan. Sebelum diberi kesempatan test ride, kami menganggap Zero memiliki performa jauh dari kelas premium bike.

Akhirnya kami mendapatkan kesempatan untuk menguji Zero, dengan model DS (Dual Sport) edisi Police. Mengejutkan dan seperti mendapatkan tamparan di wajah. Kami mendapatkan pencerahan bagaimana seharusnya electric vehicle looks and perform!

Zero DS mengaplikasikan desain luwes. Dengan ban 2.50 x 19 inch di depan dan 2.50 x 17 inch di belakang, ia memiliki tampilan layaknya supermoto. Siap menerjang lintasan on road juga off road, sama sekali tidak memiliki karakter canggung seperti

Zero DS Police memiliki handling sempurna, baik dalam kecepatan tinggi, maupun rendah. Ia juga sangat mudah diajak bermanuver, bahkan dalam lintasan sempit sekalipun. Mungkin karena motor ini sama sekali tidak menggunakan kopling, riders bisa memaksimalkan konsentrasi pada lintasan dan target.

lazimnya sebuah kendaraan elektrik. Dengan desain dan konfigurasi ini, sepertinya DS sengaja dirancang lincah di lintasan tanah dan cepat di atas aspal. Kita akan kembali ke soal handlingnya di bawah nanti.

Sekarang mari kita tengok teknologi sistem penggeraknya. Zero DS Police yang kami coba standarnya dibekali penggerak utama motor listrik Z-Force 11.4. Artinya ia memiliki kapasitas maksimum 11.4 kW/h. Output tenaga maksimum yang bisa dihasilkannya adalah 54 dk dan torsi 68 Nm, setara dengan mesin bensin berkapasitas di atas 400 cc.

Bagaimana ridingnya? Kami bisa mengatakan, Zero DS Police memiliki handling sempurna, baik dalam kecepatan tinggi, maupun rendah. Ia juga sangat mudah diajak bermanuver, bahkan dalam lintasan sempit sekalipun. Mungkin karena motor ini sama sekali tidak menggunakan kopling, riders bisa memaksimalkan konsentrasi pada lintasan dan target. Absennya kopling juga membuat torsi besarnya bisa langsung didapatkan mulai dari rider memutar tuas akselerasi.

Zero juga memiliki 3 mode berkendara. Eco yang menghemat penggunaan listrik, tapi mengorbankan respon akselerasi. Sport untuk mendapatkan output maksimal, dengan mengorbankan asupan listrik lebih banyak. Dan yang terakhir adalah Custom.

Pada mode Custom, riders bisa melakukan setting paling optimal dan sesuai dengan karakter berkendara. Uniknya, penyetelan ulang ini bisa dilakukan menggunakan smartphone dengan OS Android atau Apple via Bluetooth.

Hanya ketik Zero motorcycle di tab search pada playstore atau appstore di smartphone dan install. Dalam apps ini Anda bisa mengatur waktu pengisian ulang, memantau jarak tempuh, sisa daya listrik dalam batere, jumlah torsi, hingga memantau temperatur baterai.

Radius putar memang bisa sedikit diperbaiki, tapi performa corneringnya bisa dibilang sempurna. Sangat stabil dalam kecepatan tinggi di lintasan aspal, riders tidak perlu terlalu ‘rebah’ untuk mendapatkan angle yang tepat. Pada model Police yang memiliki crash bar di tiap sisinya, ini merupakan hal cukup positif.

Oke, sekarang kriteria apa saja yang dibutuhkan oleh sebuah kendaraan agar bisa menjadi edisi Police? Pertama, ia harus lincah di segala medan, performa tinggi, mudah dan aman dioperasikan, efisien dalam pemakaian bahan bakar, perawatan praktis, dan murah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.