KOREAN LUXURY

Auto Expert - - Luxury Brand -

Teks : ADITYA P SIREGAR

JIKA ADA ORANG masih menganggap brand Korea itu murah meriah, mungkin jangan-jangan dia terperangkap di mesin waktu. Terlepas fakta bahwa statusnya di Tanah Air belum sehebat di Eropa dan Amerika, rasanya kita tak perlu lagi menyangsikan kualitas maupun kehebatan produk Korea. Utamanya Hyundai dan Kia.

Bahkan untuk pasar global, Hyundai telah berani mensejajarkan dirinya dengan Toyota dan Nissan dengan meluncurkan sub-brand Genesis. Ya, dengan percaya diri Genesis memposisikan line-up produknya sebagai rival dari Lexus dan Infiniti, bahkan brand premium Eropa lebih mapan seperti Mercedes-Benz, BMW atau Audi.

Meski baru diumumkan awal November 2015, sejatinya kisi-kisi kelahiran Genesis sudah terlihat ketika Hyundai memperkenalkan konsep Vision G. Dan tidak tanggung-tanggung, Hyundai berani memamerkannya pada Pebble Beach Concours d’Elegance nan bergengsi.

Sebagai pembeda, setiap produk Genesis tidak lagi mengenakan emblem ‘H’ miring. Sebagai gantinya, hadir logo dengan sepasang sayap. Nama Genesis sendiri diartikan sebagai ‘awal baru’.

Untuk mengembangkan line-up Genesis, Hyundai mendirikan Prestige Design Division yang akan dipimpin oleh Luc Donckerwolke mulai medio 2016. Sebelumnya menjabat sebagai bos desain beberapa brand Volkswagen AG.

Hyundai merencanakan peluncuran tak kurang dari enam model, semuanya berpenggerak roda belakang, hingga tahun 2020. Sesuai tradisi rata-rata brand premium, semuanya akan diberi angka di belakang huruf G.

Sebagaimana dilakukan Lexus dan Infiniti sebelumnya, sejumlah line-up Hyundai pun bermigrasi ke keluarga Genesis. Flagship Hyundai Equus dinamai ulang Genesis G90. Diikuti Hyundai Genesis menjadi G80. Berikutnya ada G70, G60 dan seterusnya.

Model pertama diperkenalkan adalah Genesis G90, meluncur di Detroit Motor Show Januari ini. Diklaim sebagai hasil pengembangan tim beranggotakan 800 orang, G90 menawarkan NVH (noise – vibration – harshness) terendah dibandingkan rival-rivalnya. Untuk mesin, konsumen ditawari pilihan 3,3 liter V6 turbo 365 dk dan 5,0 liter V8 420 dk.

Meski bertajuk global, Genesis pada awalnya akan diluncurkan di Amerika, China, Rusia dan beberapa negara Timur Tengah. Melihat status saat ini dan kurang fokusnya Hyundai pada pasar negara bersetir kanan, rasanya kita di Indonesia belum akan menyaksikan Genesis dalam waktu dekat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.