S

Auto Expert - - Luxury Brand -

iapa tak mengenal MercedesBenz? Seolah tak mengenal usia, siapapun mereka yang mendengar atau melihat Mercy pasti mengkonotasikannya sebagai produk mewah dan berkelas. Pandangan tersebut tidak salah dan memang, selama beberapa dekade terakhir nama Mercedes melekat dengan kaum mapan di Tanah Air.

Tahun 2015, tepat 45 tahun Mercedes menancapkan legitimasinya di Bumi Pertiwi. Sebuah pencapaian luar biasa sekaligus menunjukkan bahwa prinsipal mereka di Stuttgart memiliki komitmen kuat terhadap segmen premium di negeri ini.

Hanya segmen premium? Jelas tidak. Merunut sejarahnya, ketika hadir pertama kali di tahun 1970, produk pertama yang langsung di assembly oleh Mercedes adalah kendaraan komersial. Baru tiga tahun setelahnya, kendaraan penumpang menyusul untuk dirakit di daerah Tanjung Priok.

Komitmen besar Mercedes semakin besar ketika mereka memutuskan untuk membangun pabrik perakitan di Wanaherang, Bogor pada tahun 1982. Masih menyandang nama PT German Motor Manufacturing, seluruh aktifitas perakitan dialihkan dari Tanjung Priok ke Wanaherang. Dan kini, Wanaherang menjadi salah satu pusat produksi kendaraan penumpang dan komersil terbesar yang dimiliki Mercedes-Benz di kawasan Asean.

Kita pun mengenal produk apa saja yang menjadi ikon di masanya. Era 1970-an, siapa yang tak mengenal Mercedes-Benz 280S atau lebih popular dengan nama Mercy Kebo. Siapa pula yang tidak familiar dengan Mercy Tiger atau W123 di era 1980-an. Belum lagi ‘Baby Benz’ dan masih banyak varian lain yang begitu diingat penggemar otomotif Tanah Air.

Hingga pada akhirnya produkproduk terbaru dan seiring dengan inovasi yang terus dilakukan oleh PT Mercedes-Benz Indonesisa, saat ini seluruh pecinta Mercedes bisa menikmati produk terbaru threepointed star tanpa perlu menunggu waktu lama dibandingkan produk yang diluncurkan di negara asalnya.

Semua itu tak lepas dari komitmen Mercedes-Benz untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka. Selamat ulang tahun ke 45 Mercedes-Benz Indonesia…. Truk dan Bus Mercedes tak bisa dilupakan dari sejarah Mercedes di Indonesia. Keduanya merupakan salah satu simbol dari kesuksesan Mercedes dari segmen komersial. Bus dengan sasis Mercedes sudah dikenal sejak dahulu memiliki tingkat kenyamanan di atas ratarata para pesaingnya. Bahkan kini, beberapa Perusahaan Otobus akan meningkat ‘harkat dan martabatnya’ ketika mereka mampu membeli unit terbaru.

Truk pun begitu. Meski hantaman pesaing asal Jepang dan Cina terus berdatangan, tetapi bagi perusahaan tertentu, menggunakan truk Mercedes adalah sebuah keharusan. Sisi prestise begitu ditonjolkan selain secara produk, truk Mercedes memiliki durabilitas yang sudah diakui ketangguhannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.