UNDER THE SKIN

Auto Expert - - Baby Jag -

Surface Progress Control (ASPC) yang terus memantau kontur jalan menjaga mobil bergerak sesuai dengan keinginan pengemudinya.

Aplikasi sasis ringan tersebut tidak serta-merta mengurangi bobot Jaguar XE dibawah para pesaing di kelasnya. Namun jelas mampu menjaga integritas mobil di berbagai kontur jalan yang mungkin terjadi. Tentu saja, mobil ini bukan untuk diajak ke medan off road.

Jujur saja tidak banyak dan luar biasa fitur-fitur yang disediakan Jaguar XE Prestige yang kami coba. Varian ini merupakan varian terendah yang Kami yakini masyarakat Indonesia lebih mengenal Jaguar X-Type dibandingkan dengan XE. Dari garis keturunan, XE adalah penerus dari kejayaan dinasti X-Type yang diproduksi dari 2001 – 2009. X-Type menjadi varian entry level yang dimiliki oleh Jaguar untuk produk Sedan.

X-Type pada zamannya menjadi salah satu andalan Jaguar dalam menuai pundipundi penghasilan. Walau hanya hadir dalam satu generasi, X-Type memiliki kisah yang mampu mengangkat nama Jaguar.

Sejarah mencatat, X-Type merupakan pengganti dari Jaguar Mark 2. Sangat mudah untuk mengenali compact executive sedan ini. Empat lampu bulat di bagian depan dan bodi panjang plus logo kucing hitam menjadi identitas utamanya. Kalau melihat struktur bodi, maka sedan dengan kode bodi X400 ini menggunakan penggerak depan dengan rentang penggunaan mesin sangat bervariasi.

Catatan sejarahnya semakin menarik ketika pada akhirnya Jaguar memutuskan untuk mengakomodir keinginan konsumen Amerika dengan mengeluarkan versi estate di penghujung tahun 2009. Bahkan, sempat pula diperkenalkan Jaguar X-Type Racing Concept di ajang SEMA 2002. Tetapi prototipe yang dibangun berdasarkan insipirasi dari Trans Am dan European DTM ini tak pernah menjadi kenyataan.

Kini, Jaguar telah menjadi bagian dari Tata Motors setelah perusahaan India itu mengakuisisinya di tahun 2008. Apakah kisah X-Type akan mengilhami XE dikemudian hari? We never know…. ditawarkan di Tanah Air. Sebagai Junior Executive Salon, orientasi mobil ini lebih kepada pengemudi. Namun yang membuatnya brilian adalah kenyamanan yang juga ditawarkan sebagai penumpang. Walau akomodasi yang ditawarkan bukanlah yang terbaik di kelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.