MITSUBISHI EK FAMILY & NISSAN OTTI / DAYZ / DAYZ ROOX

/

Auto Expert - - Auto Industry -

PADA 2001, Mitsubishi eK langsung mencuri perhatian publik Jepang yang menggemari Kei Car. Memiliki postur bodi 3,395 x 1,475 x 1,550 mm (panjang x lebar x tinggi), Mitsubishi eK yang didesain mengotak ini pun mendapatkan penghargaan Good Design Award dari Ministry of Economy, Trade and Industry (METI) Jepang di tahun 2001.

Tercatat 480 ribu unit Mitsubishi eK dipasarkan dari 2001 hingga 2005, dan kemudian membawa Nissan untuk masuk ke segmen kei car dengan menggandeng Mitsubishi sebagai partner. Singkat kata, jalinan kolaborasi pertama ini dimulai dengan penjualan Nissan Otti yang merupakan versi rebadge dari Mitsubishi eK, dengan produksi per tahun mencapai 36 ribu unit.

Memasuki tahun 2011, Mitsubishi dan Nissan akhirnya berkolaborasi dalam satu joint venture NMKV Co. yang resmi dibuka pada Juni 2011. Dari project joint venture ini lahir dua produk Mitsubishi eK Wagon dan Nissan Dayz, yang diperkenalkan dua tahun setelahnya.

Terdapat banyak kesamaan antara eK Wagon dan Dayz dari segi fitur maupun teknologi yang tersemat di dalam mobil. Meski demikian eK Wagon dan Dayz memiliki perbedaan di bumper depan dan bagian grille. Ya, jika dibandingkan eK Wagon yang tampil minim aksen aksen chrome, maka pada varian Dayz justru aksen chrome mendominasi bagian grille.

Kerjasama pun lanjut. pada ajang Tokyo Motor Show 2013 hadir kembali sosok kei car “super height wagon” yang kembali lahir dari joint venture NKMV Co. Ya, inilah dia Mitsubishi eK Space & Nissan Dayz Roox.

Varian yang dilepas ke pasar JDM pada 2014 ini mengutamakan kepraktisan, dimana baik eK Space dan Dayz Roox hadir dengan pintu sliding door untuk penumpang belakang. Selain itu visibilitas mobil ini pun dipertingkat dengan Super UV-Cut Heat-Insulated Green Glass dan virtual 360-degree bird eye view.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.