GRAND(EST) COUPÉ

Auto Expert - - Global Launch -

November 2011 Daimler mengumumkan penghentian penjualan Maybach 57 dan 62 akibat tidak terpenuhinya target penjualan sejak brand super-mewah ini dibangkitkan 14 tahun sebelumnya. Sering disindir sebagai S-Class besar, Maybach tidak mampu berkompetisi di pasar melawan Rolls-Royce dan Bentley. Maybach terakhir akan meninggalkan jalur produksi pada Desember 2012.

Walau begitu, Daimler tidak mematikan brand legendaris ini begitu saja. Dengan segera mengumumkan bahwa Maybach masih eksis, namun hanya akan diisi versi lebih mewah dari flagship Mercedes-Benz S-Class. Februari 2015, Daimler meluncurkan Mercedes-Maybach S-Class. Maybach tidak lagi menjadi brand terpisah, namun subbrand dari Mercedes bersama-sama –Benz dan –AMG.

Namun, apa ditampilkan Mercedes di ajang Pebble Beach Concours D’Elégance membuat kami bertanya apakah hal tersebut masih relevan. Ini karena Daimler seperti ‘gatal’ ingin menampilkan model Maybach terpisah. Ya, kami positif bahwa Vision Mercedes-Maybach 6 tidak memiliki model Mercedes biasa..... Atau setidaknya belum. Beberapa pesan keras agaknya mengiringi kelahiran Maybach 6. Pertama, menunjukkan taring eksklusivitas Maybach, lebih dari sekadar versi mewah S-Class. Bukti bahwa Maybach sanggup menantang Bentley dan RollsRoyce dalam taraf pertarungan sama.

Lihat dimensi mencapai 5,7 meter. Andai diproduksi, Maybach 6 akan terlihat lebih agung dan megah dibandingkan Rolls-Royce Phantom Coupé yang merupakan coupé terbesar saat ini. Mercedes menyebut Maybach 6 terinspirasi era kejayaan ‘aero coupé’ dekade 1930-an.

Fender terpisah ciri khas aero coupé memang tidak sejalan dengan ilmu aerodinamika saat ini. Tetapi, Maybach 6 mengadopsi elemen khas aero coupé seperti greenhouse ditarik sebelakang mungkin. Menghasilkan proporsi depan belakang tidak seimbang.

Pesan keras kedua ditujukan Mercedes kepada pabrikan paling hype saat ini, Tesla Motors. Mengambil sumber listrik dari baterai tipis di bawah lantai, motor elektrik Maybach 6 mampu menelurkan daya 750 dk. Dengan jarak tempuh lebih dari 500 km. Angka ini jelas lebih unggul dari Tesla terbaik saat ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.