Molina UI Ev-Project

Auto Expert - - Feature -

(Mobil Listrik Nasional) UI yang dikepalai Prof. Dr. Ir. Danardono A.S.,DEA, sejatinya masih memiliki kreasi kendaraan listrik di luar MOLINA UI EV-Bus. Total tiga kreasi kendaraan listrik bernama Makara Electric Vehicle dirilis pada Dies Natalis FTUI ke-52, bersamaan dengan bus listrik yang nantinya menggantikan shuttle bus UI.

Makara Electric Vehicle memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan bus listrik MOLINA UI EV-Bus. Selain karena penciptaan tiga mobil konsep ini mengarah pada kebutuhan masyarakat urban, pun di sisi lain tim MOLINA UI juga mengembangkan mobil listrik dengan kemampuan yang lebih mumpuni dan sesuai dengan kajian-kajian yang didasari aspek Ekonomi, Sosial, dan Hukum.

Pada awalnya tim MOLINA UI berkolaborasi dengan PT Pindad sebagai salah satu perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang manufaktur, khususnya bidang mesin. Kolaborasi ini menciptakan Makara Electric Vehicle (MEV) 1 yang berbasis hatchback, dengan mesin listrik berteknologi Brushless Direct Current (BLDC) motor berkekuatan 25 kW.

Penyempurnaan dari teknologi di MEV 1, khususnya pada bagian mekanisme pelilitan kawat, sistem pendingin motor dan posisi permanen magnet, kemudian dituangkan ke MEV 2. Ditujukan sebagai kendaraan urban perkotaan, MEV 2 yang berbasis LCGC dibekali BLDC berdaya 7,5 kW, dan didukung sistem baterai berkapasitas 102 Ah. Penempatan baterai di sisa ruang di area tyre saver dan fuel tank memudahkan untuk melakukan battery swap (pergantian baterai).

Lebih jauh, tim MOLINA UI mencoba mengatasi permasalahan umum dalam setiap penciptaan mobil listrik, jarak tempuh. Menggunakan mobil MPV yang dikonversi menjadi mobil listrik MEV 3, tim ini menyematkan teknologi motor AC Induksi berkekuatan 32 kW dan didukung baterai berkapasitas 102 Ah.

Menariknya adalah ia dibekali generator listrik DC yang digerakkan oleh mesin dengan BBG,

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.