Pure Racing Breed JIKA ADA SATU PABRIKAN YANG SANGAT BERSEMANGAT MEMPRODUKSI MOBIL BALAP KETIMBANG VERSI PRODUKSI, FERRARI ADALAH SATU-SATUNYA..

Auto Expert - - Feature - Teks: ARIO ZAINUDDIN Foto: ARIO ZAINUDDIN/FERRARI

pernah berkata, semua road car yang keluar dari fasilitas Maranello adalah 100 persen untuk membantu pengembangan mobil balap. Dan ia 90 persen benar. Walau kadang terlihat sebaliknya, teknologi balap yang digunakan versi road car Ferrari sebenarnya adalah teknologi yang tidak memenuhi regulasi di dunia balap.

Salah satu produk Ferrari yang sama sekali tidak akan pernah melihat aspal jalan raya umum selain F1, adalah 488 GT3. Model satu ini dikembangkan khusus untuk mengikuti ajang balap ketahanan.

Dibangun dari nol, alias bukan dengan basis 488 GTB, model GT3 menggunakan chassis aluminium, rigid dan kuat, berdasarkan feedback dari pembalap yang menginginkan reaksi, presisi, juga kelincahan tinggi.

Ferrari 488 GT3 juga dibekali sistem fuel cell, memastikan daya jelajah tinggi, efektif dan efisien, seluruh bahan bakar yang masuk ke dalam tangki bisa digunakan seluruhnya, sangat penting untuk strategi balapan. Senjata andalan untuk tim yang menggunakannya.

Sementara sistem suspensi menggunakan model khusus untuk balapan yang memang dirancang hanya untuk 488 GT3, bumi dan langit jika dibandingkan dengan suspensi yang terpasang pada GTB. Jika harus dibandingkan, sistem suspensi 488 GT3, sama dengan yang digunakan mobil balap kelas LMP1 dan LMP2.

Perbedaan paling radikal pada 488 GT3 adalah unit mesin V8 Twin Turbo yang digunakannya. Unit ini memiliki kapasitas 3,9 Liter dan mampu menghasilkan tenaga sekitar 660 dk dan dipasangkan dengan sistem transmisi 7 speed dual clutch sequential yang rasionya pasti berbeda untuk setiap tim.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.