BRIO PROJECT INDONESIA – BANDUNG

Eksis mengikuti event antar komunitas dan dress up atraktif

Car & Tuning Guide - - Volume - RAHMAT HIRNOMO/PHOTOS: ARDIE PICHAUS/DESIGN: AARON

Suasana fresh dan kocak langsung membuka jumpa kami dengan komunitas ini. Brio Project Indonesia chapter Bandung memang kebanyakan diwarnai oleh anggotanya yang berjiwa muda. “Justru disitulah menjadi ciri dan karakter komunitas ini,” ungkap Jan Petersan Lucky Harianja, Ketua Brio Project Indonesia chapter Bandung. Brio Project Indonesia chapter Bandung ini mulai menunjukkan eksistensinya sejak diresmikan tanggal 11 Februari 2014. Usia komunitasnya memang masih belia, namun keakraban di antara mereka cukup solid. “Pengennya getting bigger ajalah buat komunitas ini, soalnya komunitas ini juga baru mulai aktif,” tambah Peter.

Saat ini tercatat 17 member aktif yang rutin mengadakan kopdar di daerah Mesjid Istiqomah, Citarumm Bandung. Di luar itu terdapat 7 orang calon anggota baru yang siap bergabung. Eksistensi Brio Project Indonesia ini memang lebih kental dengan kegiatan-kegiatan yang berjiwa muda, bahkan baru-baru ini terlibat dalam kegiatan lomba DJ antara komunitas dan klub mobil lain di Bandung.

Walaupun tidak semua, beberapa anggota di komunitas Brio Project Bandung tampil lebih segar dengan melakukan repaint pada velgnya. Sentuhan warna-warna cerah dan kontras yang dipilih memberikan kesenangan tersendiri di sektor eksterior. “Semua model velg sih cocok-cocok saja di-repaint, asal pemilihan warnanya pas. Kalau mau dikerjakan sendiri sebaiknya jangan menggunakan cat semprot, gampang ngelupas catnya,” ujar Budhi, salah satu yang mengecat palang velgnya sendiri.

Pemilihan warna cat velg juga harus disesuaikan dengan warna bodi, jika mobil berwarna putih, pilih warna-warna cerah bisa menjadi pilihannya. Namun kalau mobil berwarna merah, pilihan repaint velg berwarna kuning emas sangat cocok untuk diaplikasikan. Buat yang enggak mau ribet, repaint velg bisa dipercayakan pada bengkel-bengkel cat langganan. Biayanya berkisar Rp 400 ribu hingga Rp 1 jutaan, tergantung ukurang velg dan jenis cat yang dipilih.

Masih bicara dress up kaki-kaki untuk Brio, tantangan yang akan ditemui pemilik Honda Brio adalah menemui fakta ruang fender yang sempit. Ruang ini jelas membuat sang pemilik tak leluasa mengapikasikan sembarang jenis Velg. Padahal sektor kaki-kaki jelas menjadi salah satu objek vital untuk menghasilkan tampilan yang menarik.

Setelah melakukan berbagai percobaan, anggota Brio Project Indonesia chapter Bandung sudah sepakat bahwa velg dengan diameter 17 inci serta lebar 7,5 inci, adalah spek maksimal aman yang bisa diaplikasikan pada Honda Brio. “Lantas penggunaan ban ukuran 195/50 adalah pilihan terbaik untuk ukuran velg 17 inci. Offset sebaiknya di atas 30 agar pas dengan bibir fender,” jelas Budhi Heriyanto, salah seorang anggota.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.