FIRST DRIVE – JEEP WRANGLER BRUTE DOUBLE CABIN

Menggunakan basic Jeep Wrangler Unlimited 4 pintu, yang mengalami ubahan menjadi mobil double cabin

Car & Tuning Guide - - Volume - ARIES ADITYA PUTRA/PHOTOS: IMAN FIRMAN/DESIGN: AARON

Sebelumnya, PT Garansindo Inter Global telah menghadirkan Jeep Brute double cabin yang mengusung mesin V8 HEMI 6.4L. Mesin ini sudah tidak diragukan lagi tenaganya. Namun saat Indonesia International Motor Show 2014 lalu, PT GIG kembali menghadirkan Jeep Brute double cabin yang memiliki kapasitas mesin lebih kecil.

Ya, kini mobil yang didatangkan langsung dari Detroit, Amerika Serikat ini tersedia dengan mesin V6 Pentastar kapasitas 3.6L. Mesin yang juga digunakan pada beberapa jajaran produk Chrysler Group dan telah meraih penghargaan Ward’s 10 Best Engines. Kapasitas mesinnya lebih kecil dengan tenaga 285 hp dan torsi 353 Nm. Tetapi mobil ini dipersenjatai sejumlah aksesori yang membuatnya tangguh dalam menghadapi lintasan off road yang cukup ekstrem.

Secara dimensi, sasis standar Wrangler JK dimelarkan sehingga memiliki wheelbase 3.531 mm. Penambahan ini terdapat pada sasis di depan gardan belakang sebanyak 584 mm, dan 406 mm lagi di sasis bagian belakang setelah gardan belakang. Hasilnya, Jeep Brute memiliki panjang

total 5.486 mm. Kekurangan dari dimensinya yang panjang salah satunya adalah radius putar. Cukup sulit untuk memutarkan arah mobil ini yang memiliki dimensi panjang serta radius putar yang besar.

Penambahan sasis di bagian belakang tersebut tentu saja digunakan untuk pemasangan bak yang memiliki luas 1.524x1.549 mm. Bak ini terbuat dari bahan komposit khusus sehingga lebih ringan dan kuat dari besi tanpa takut korosi. Pada bumper belakang, terdapat tempat yang bisa menampung air sebanyak 14 liter dan sudah disediakan pompa airnya.

Di bagian depan, bumper desain baru juga disematkan. Pada bumper tersebut sudah terpasang winch Warn 9.5cti sebagai alat recovery dan sepasang lampu kabut IPF 901 yang berfungsi sebagai penerangan tambahan saat melintasi medan off road.

Agar daya jelajah semakin jauh, Jeep Brute dilengkapi suspensi yang lebih tinggi 11,43 cm dari DualSport SC. Ban juga diubah agar kemampuannya semakin teruji. Satu set velg Mopar ukuran 17 inci dipadukan bersama ban BF Goodrich ukuran 37x12,5 inci profil mud terrain. Semakin tangguh, karena gardan depan sudah menggunakan Dynatrack Prorock 44 yang sudah dilengkapi differential AirLocker dari ARB.

Dengan paket yang disematkan pada Jeep Brute bermesin V6 Pentastar 3.6L, mobil ini dijual seharga Rp 1,425 miliar.

Interior tak banyak ubahan dari versi Wrangler JK Unlimited.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.