FIRST DRIVE – JEEP ALL NEW CHEROKEE TRAILHAWK

Namun disusupi sejumlah fitur canggihyang membuatnya tetap tangguh saat melintasi medan off road

Car & Tuning Guide - - Volume - ARIES ADITYA PUTRA/PHOTOS: IMAN FIRMAN/DESIGN : AARON

Karakteristik Cherokee yang memiliki ciri mengotak pada bodinya kini tak lagi bisa ditemukan pada all new Cherokee. Ya, semenjak generasi pertama diluncurkan tahun 1974. Itu merupakan langkah awal Jeep menghadirkan mobil jenis SUV yang dapat dijadikan mobil keluarga yang memiliki banyak fungsi.

XJ menjadi kode bodi pada Cherokee generasi kedua yang cukup menuai sukses di selu- ruh dunia dimulai tahun 1984. Sampai akhirnya, tahun 2001 menjadi akhir dari perjalanan Cherokee yang memiliki bodi dengan ciri khas mengotak dan tampil sangar.

Sebagai generasi penerusnya, Jeep all new Cherokee diluncurkan dalam ajang New York International Auto Show pada Maret 2013. KL menjadi kode bodi all new Cherokee yang juga dijual di Indonesia saat ini. Tapi jangan harap bodi mengotak seperti generasi sebelumnya, all new Cherokee memiliki desain yang benar-benar berbeda.

Mobil ini merupakan kendaraan Jeep pertama yang dibuat dari Compact US wide platform yang dirancang oleh tim dari Chrysler dan Fiat. Mobil yang diproduksi di pabrik Toledo, Ohio Amerika Serikat ini merupakan varian teratas dengan nama tambahan Trailhawk di belakangnya.

Mengusung nama Trailhawk, artinya ada beberapa ubahan yang membuat kemampuannya jelas di atas rata-rata. Memegang nilai SUVPS – Style, Utility, Versatility, Power dan Safety membuat mobil ini meski secara tampilan tak lagi sangar, kemampuan daya jelajahnya cukup menjanjikan. Sedikit terkejut saat melihat tampilan interior, tepatnya saat melihat ke bagian tengah dasbor. Desain kisi-kisi AC mengingatkan kami pada mobil SUV asal Korea Selatan berlogo H miring. Tapi tentu saja dengan material lebih bagus. Sejumlah tombol juga tersedia untuk mengaktifkan beberapa fitur yang dimilikinya. Sebut saja fitur 4x4 yang bisa diaktifkan hanya dengan menekan tombol. Terdapat empat tombol khusus untuk mode 4x4.

Jok berlapis kulit hitam pada seluruh interior jelas memberikan kesan sporty pada mobil ini. Tak lupa, pada sandaran jok terdapat bordiran Trailhawk sebagai cirinya. Desain jok juga memberikan posisi duduk yang nyaman bagi pengendaranya. Tak heran, jika mobil ini mendapatkan penghargaan 10 besar mobil yang memiliki desain interior terbaik dari Wards sebuah organisasi yang berkonsentrasi di industri otomotif.

Menariknya, mobil seharga Rp 855 juta (off the road) ini memiliki fitur parallel & perpendicular parking assist. Hanya dengan menekan tombol, mobil ini dapat parkir sendiri asalkan terdapat lahan kosong yang sesuai dengan panjang dan lebar mobil. Pada

Saat fitur parkir otomatis aktif, terdapat gambar

Willy’s di MID sebagai mobil legendaris Jeep. Mesin mampu menyemburkan tenaga 177 hp dan torsi 229 Nm. Bertempur sesuai kebutuhan.

MID, terdapat mobil Willy’s untuk menggambarkan posisi parkir.

Misalnya saja ingin parkir paralel, bila di antara mobil yang terparkir paralel ada lahan yang kosong, maka otomatis mobil akan mencari lahan kosong di sebelah kiri. Namun untuk cari lahan kosong secara otomatis di sebelah kanan, Anda cukup aktifkan lampu sein kanan. Setelah dapat lahannya, Anda tinggal mengatur gigi transmisi dan juga atur rem saja, sementara lingkar kemudi akan bergerak secara otomatis.

All new Cherokee disematkan mesin Tigershark Multiair 2 yang memiliki kapasitas 2.4L. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 177 hp dan torsi 229 Nm. Tenaga mesin akan disalurkan melalui transmisi otomatis 9-percepatan yang menjamin tingkat kehalusan saat perpindahan gigi. Perbandingan ini menurut klaimnya mampu menghasilkan konsumsi 7,6 liter/100 km saat dipacu di jalan bebas hambatan. Atau sekitar 13,15 km/liter.

Kini, meski tak lagi memiliki wajah yang sangar, setidaknya all new Jeep Cherokee hadir dengan lebih dari 70 fitur keselamatan dan keamanan yang mampu untuk memberikan perlindungan pengemudi serta seluruh penumpang.

Bertempur di medan off road, tinggal tekan tombol

kebutuhan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.