FIRST DRIVE - AUDI S3 SEDAN

Car & Tuning Guide - - Volume - ARIES ADITYA PUTRA/PHOTOS: ARIZONA SUDIRO/DESIGN: AARON

Sebelumnya, PT Garuda Mataram Motor (GMM) belum pernah memasarkan seri S di Indonesia. Seperti diketahui, Audi S3 dibangun dari platform Audi A3. Dan S3 ini merupakan seri yang memiliki performa lebih tinggi ketimbang versi basic-nya.

Sekadar informasi, di Indonesia lini ini baru tersedia 4 unit dan semuanya sudah terjual dalam ajang IIMS 2014. Lantas apa yang membedakan S3 ini dengan mobil basic-nya yakni Audi A3?

Dari segi desain, hampir tak ada perbedaan. Semua dimensinya sangat mirip. Namun bila lihat secara detail ada beberapa sedikit perubahan. Misalnya pada bagian depan, gril di S3 pada garis horizontalnya diberi aksen krom. Lantas terdapat logo S3 di sudut kanan gril. Beralih ke samping, tampak cover spion tak lagi sewarna bodi. Gantinya warna krom doff menghiasi cover spion.

Lingkar roda pun berubah. Bila A3 menggunakan velg ukuran 17 inci, maka S3 memiliki lingkar roda lebih besar yakni 19 inci yang dipadu ban ukuran 235/35R19. Sektor belakang, pada S3 terdapat tambahan ducktail di pintu bagasi. Sementara di bagian bawahnya, Anda akan menemukan empat buah muffler yang disandingkan dengan diffuser berwarna abu-abu yang mencuatkan kesan sporty. Melihat ke bagian interior, hampir tak ada beda dengan versi A3. Dasbor memiliki desain simple.Yang menarik, monitor akan keluar dari dasbor saat head unit diaktifkan. Desain kisi-kisi

Bagi pasar Indonesia, ini merupakan versi performa pertama dari Audi A3 sedan

AC bentuknya menyerupai turbin pesawat terbang. Di panel tengah dasbor, terdapat beberapa tombol untuk mengaktifkan beberapa fitur. Seperti pengaturan audio, tombol start/stop hingga parking brake electric.

Sebagai sedan sport, S3 disematkan jok yang mampu menopang tubuh Anda dengan baik. Balutan kulit warna hitam pun membuat kesan sporty lebih mencuat. Ditambah lagi, setir yang memiliki desain flat bottom juga sudah dilapis bahan kulit sehingga lebih nyaman digenggam.

Sektor dapur pacu, sebenarnya mobil ini menggunakan mesin yang sama digunakan pada A3. Tapi sayangnya A3 tidak masuk ke Indonesia karena akan berhadapan langsung dengan VW Golf yang juga dipasarkan PT

GMM. Mesinnya menggunakan konfigurasi 4 silinder segaris kapasitas 2.0 liter turbocharger yang menghasilkan tanaga dasar 220 hp.

Pada versi S3, performanya sudah ditingkatkan dengan 72 hp tenaga tambahan. Tenaga ini didapat dari beberapa penggantian part seperti, penggantian turbocharger, setang piston yang lebih kuat, crankcase baru serta kepala silinder yang baru. Dengan tenaga yang melonjaknya tersebut, klaimnya untuk menempuh kecepatan 100 km/jam hanya ditempuh dalam tempo 4,7 detik.

Tenaga sebesar 292 hp tersebut akan disalurkan melalui transmisi S-Tronic 6-percepatan. Dari transmisi, tenaga akan diteruskan ke empat roda. Audi menyebutnya dengan teknologi Quattro. Namun, untuk menye- suaikan bahan bakar yang ada di Indonesia, mobil yang memiliki standar Euro IV akan diturunkan menjadi Euro II. Hal ini akan berpengaruh terhadap tenaganya yang berkurang 10 hp.

Menariknya, S3 juga dilengkapi fitur Drive Select. Mode berkendara ini memungkinkan Anda memilih ‘paket’ berkendara sesuai kebutuhan. Misalnya saja efficiency, comfort, auto, dynamic dan individual. Pada fitur terakhir dari yang kami rasakan, seketika juga respon mesin jadi lebih agresif. Apalagi jika tuas transmisi dipindahkan ke mode S, maka putaran mesin langsung melonjak sekitar 1.100 rpm. Begitu juga dengan lingkar kemudi yang putarannya sedikit lebih berat.

Driving impression cukup menyenangkan bersama S3.

Logo ini yang membedakan dengan versi A3.

Tenaganya lebih besar 72 hp dibandingkan Audi A3.

Velg S3 memiliki ukuran 2 inci lebih besar dari A3.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.