TOYOTA ALPHARD S 2014

Speaker 3 way plus setting tepat, hasilnya dahsyat

Car & Tuning Guide - - Volume - RACHMAD SADELI/PHOTOS: RAHMAT HIRNOMO/DESIGN: IPIN

Dengan sistem audio di Alphard-nya, Ishak Hadi merasa sangat senang. Tak kurang dari 11 piala kontes audio, mulai dari juara 1 SQ Pure Sound dan Multimedia pernah direngkuhnya. “Pernah 3 juara dalam satu event, sebanyak 2 kali. Terakhir juara 1 di pure sound below 100 million,” ungkap Suryadi, instalatur audio Dynamics Autosound, selaku penggarap proyek audionya.

Kunci sukses meraih gelar bejibun ini tak lepas dari aplikasi speaker Crescendo Opus 9 3 way. Semua komponen sistem speaker (tweeter, midrange dan midbass) identik. Speaker dan tweeter-nya menggunakan sistem neodymium magnet di dalam voice coil. Efek aplikasi magnet neodymium

adalah suara lebih maksimal dan koheren.

Hal lainnya, speaker ini dilengkapi front ring dan back ring aluminium. Efeknya speaker rigid karena dijepit 2 aluminium di depan dan di belakang Tweeter dome berukuran 30 mm membuat frekuensi x-over bisa rendah dan keakuratan suara lebih tinggi.

Buat penempatan, tweeter dan midrange berada di pilar A. Targetnya melahirkan staging suara yang nyata, suara tinggi dan vokal berada di atas dasbor. Untuk midbass berada di pintu samping kanan kiri. Agar tercipta dudukan yang rigid, Suryadi memakai ring aluminium dengan tebal 5 cm. “Dengan dudukan rigid, suara rendah yang punya kecenderungan vibrasi dapat dihilangkan,” kata Suryadi.

Untuk pengaturan suara, khusus tweeter dan midrange dilakukan memakai x-over pasif standar. Sedangkan midbass diatur memakai prosesor Crescendo Music Conductor. “Midbass ditaruh pada frekuensi 315 Hz dan bawahnya 50 Hz,” ungkap Suryadi. Hasilnya sangat memuaskan, suara terdengar jernih dan lantang. Sangat pantas memperoleh banyak gelar di kontes audio.

Power amplifier Crescendo 4 terbukti andal lahirkan suara berkualitas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.