LUG NUT AFTERMARKET

Perhatikan fungsi, material dan ukuran dalam memilihnya

Car & Tuning Guide - - Volume - FAJAR DIVA/PHOTOS: RUSLI ILFAN/DESIGN: IPIN

Lug nut atau mur roda memiliki peran penting pada kendaraan. Fungsinya mengencangkan velg pada hub roda. Bayangkan jika velg tidak dikencangkan lug nut atau mur yang baik, kemungkinan besar daya sentrifugal velg ketika berputar tidak akan bekerja sempurna. Ujung-ujungnya, jika kondisi tersebut dipakai berkendara, sudah pasti velg akan bergetar hingga lepas dari dudukannya. Tentu membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Ketersediaan lug nut aftermarket sudah mulai marak pada era 1990-an. “Salah satu alasan banyak pemilik mobil mengganti lug nut standar dengan versi aftermarket adalah ingin tampil lebih gaya. Makanya, banyak produsen yang lansirkan lug nut aftermarket dengan warna-warna yang mencolok dan trendy,” sapa Johan dari workshop Autostyle di bilangan Sunter, Jakarta Utara.

“Namun jangan asal pasang hanya untuk mempermanis tampilan mobil Anda. Tetapi perhatikan materialnya. Jangan sampai fungsi lug nut malah menjadi malapetaka ketika dipakai berkendara,” tambah Amin punggawa Autostyle.

Lock nut hanya bisa dikencangkan dan dikendurkan dengan kunci

khusus yang tersedia dalam paket kemasan.

Berbagai pilihan warna tersedia.

Sesuaikan dengan selera Anda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.