TREN STIKER DOFF

Ala mobil-mobil Supercar ARIES ADITYA PUTRA/PHOTOS: ARTHAMIYA/DESIGN: IPIN

Car & Tuning Guide - - Volume -

Salah satu cara instan mengubah warna mobil yakni dengan aplikasi stiker untuk melapisi seluruh bodi. Selain banyak pilihan warnanya, aplikasi stiker juga tepat digunakan untuk orang-orang yang mudah bosan. Lain halnya dengan cat, bila bosan Anda harus mengecat ulang. Sementara jika sudah bosan, stiker bisa dengan mudah dilepas. Apalagi, biaya pemasangannya juga cukup murah ketimbang cat.

Nah, saat ini hampir di setiap sentra aksesori ada beberapa toko yang menawarkan jasa pemasangan stiker. Hanya saja yang perlu Anda ketahui adalah jenis stiker itu sendiri. Jangan sampai, saat melepasnya di kemudian hari justru akan merusak bodi mobil karena sisa cat yang menempel.

Untuk pilihan warna, sebena-

rnya cukup banyak di pasaran. Mulai dari warna gelap hingga cerah. Pilihannya pun ada yang glossy dan doff. Menurut Imam dari Pac-Man Sticker di bilangan MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, “Saat ini warna doff lebih banyak yang menggunakan dibanding yang glossy meskipun tetap ada peminat.”

Pria yang juga suka dengan dress up mobil pribadinya dengan stiker ini juga menambahkan kalau, “Warna gelap dan terang sama banyaknya, yang penting mereka maunya yang doff. Rata-rata dari mobil-mobil kelas menengah.”

Yang penting, Imam mengingatkan kalau bisa gunakan stiker berbahan yang bagus. “Kalau kita pakai bahan Oracal dari Jerman atau MACtac dari Belgia, selain mudah dipasang juga mudah saat dilepas,” tambah Imam.

Lain lagi apa yang dikatakan Arwin dari Wien’s Sticker. Untuk mobil-mobil menengah ke atas atau sekelas supercar sedang banyak yang gunakan warna-warna candy doff. Layaknya candy tone, stiker ini memiliki warna-warna kontras hanya tidak glossy. “Sekarang warna-warna ini lagi tren di kalangan supercar, walaupun mobil-mobil menengah juga ada yang pasang,” paparnya.

Warna-warna ini tentu membuat tampilan mobil lebih eye catching. Namun perlu ada beberapa perlakuan, seperti stiker yang tidak boleh terkena bahan wax. “Jangan kena wax, nanti bisa muncul flek,” tutup Arwin.

Perhatikan merek stikernya, sebisa mungkin pilih yang kualitas baik agar mudah saat melepas stiker.

Banyak pilihan warna candy doff yang bisa Anda sesuaikan dengan selera.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.