JURU KUNCI

Gelar mobil sport dengan tampilan paling menarik mampu diraihnya

Car & Tuning Guide - - First Drive - ARIO ZAINUDDIN/ PHOTOS: DOK CAR & TUNING GUIDE/DESIGN: AARON

Gelar ‘Juru Kunci’ biasanya digunakan untuk tempat terakhir atau pecundang dalam bidang olahraga. Tapi kali ini justru menunjukkan sisi ekslusifitas satu model terakhir dari Mercedes-Benz SLS. Ya, model SLS AMG mengucapkan selamat tinggal dengan menghadirkan SLS AMG GT sebagai model terakhir dan hanya diproduksi sebanyak 350 unit saja.

Eksterior

Di bawah kulitnya, AMG GT menggunakan sasis spaceframe aluminium yang sama dengan Mercedes-Benz SLS biasa, hanya saja wheelbase AMG GT dipangkas 50 mm dari SLS standar. Hasil pemangkasan sasis ini membuat AMG GT memiliki bobot 1,645 kg, lebih ringan 25 kg ketimbang Porsche 911 Turbo dan 5 Kg dari Jaguar F-Type R Coupe. Gelar mobil

Interior

sport dengan tampilan paling menarik juga sepertinya bisa diraih oleh AMG GT. Bonnet panjang, profil kaca rendah dan desain buritan uniknya diambil dari ciri SLS, tapi para desainer AMG membuat garis atapnya lebih landai, sebuah fitur desai yang sebelumnya memang ditujukan untuk SLS, sebelum akhirnya Mercedes-Benz memilih desain atap rata, untuk menampilkan ciri klasik retro pada SLS standar. Interior AMG GT menampilkan

konsol tengah tradisional AMG, dua jajar tombol di sisi tuas transmisi dengan tambahan touchpad yang dipinjam dari C-Class terbaru. Uniknya, AMG juga menempatkan beberapa tombol di atap yang berfungsi untuk mengoperasikan pemanas/ pendingin jok, lampu hazard dan menaikkan spoiler. Jok belakang dipensiunkan untuk menambah kapasitas bagasi menjadi 350 Liter.

Mesin & Performa

SLS AMG GT terbaru mengusung mesin terbaru, M178B berkonfigurasi V8 dengan kapasitas 4,0 Liter dan mampu menghasilkan

tena- ga sebesar 503 HP dengan bantuan sepasang turbocharger. Sementara transmisi dual-clutch 7 speed otomatis, yang juga bisa dioperasikan a-la manual via paddle shifter, membantunya mendapatkan torsi sebesar 650 Nm.

Di jalan, exhaust menghasilkan raungan yang membuat SLS AMG GT memiliki mesin yang lebih besar dari 4,0L. Ini merupakan hasil manajemen distribusi bahan bakar dan pengapian, 5 injektor dan 100 percikan api per putaran pembakaran.

Serunya, Anda akan mendapatkan geraman dan letupan khas mobil balap saat naik dan turun gigi transmisi. Tenaga 503 HP mulus keluar sempurna dari mesin via perpindahan halus transmisi. Raungan galak mesin V8 sama sekali tidak ditenggelamkan oleh turbo, dan mesin ini sama sekali tidak ‘teriak’, bahkan saat mencapai redline di 7.000 RPM.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.