Concave

Car & Tuning Guide - - Tuning Guide -

Sepanjang tahun ini, velg model concave masih menjadi idola. Bahkan menilik kehadirannya di Tanah Air, velg concave sudah mulai eksis beberapa ke belakang. “Keistimewaan velg ini terdapat pada desain spoke yang cekung,” ujar Eric dari Aneka Speed di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan. Sehingga tak hanya terkesan ‘celong’, tapi dari kejauhan terlihat lebih besar dari dimensinya. Lantaran efek visual dari garis spoke yang ditarik dari ujung luar bibir velg sampai ke lubang PCD.

Velg concave terdiri dari 2 tipe, regular concave dan deep concave. Regular concave biasanya diadopsi untuk velg depan, karena pengaruh angka offset, jarak dengan kaliper rem, serta lebar velg. Sedangkan deep concave yakni memaksimalkan posisi lug pad setipis mungkin untuk mencapai bibir luar secelong mungkin. Dengan tipisnya pad lubang baut PCD, maka bisa didapat bibir velg sedalam mungkin.

“Seiring perkembangan zaman, velg concave kini hadir dalam konstruksi 2 pieces yang bisa dibuat custom. Maksudnya, pemilik bebas menentukan warna pada ‘face’ atau spoke velg dan bagian barrel atau lips. Sehingga permainan maupun kombinasi warna bisa diaplikasi sesuai selera. Sedangkan material forged masih dipertahankan untuk mengejar bobot yang ringan,” terang Amin dari Autostyle di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Keunggulan velg konstruksi seperti tersebut punya kelebihan dalam kemudahan reparasi. Bila barrel atau bibir saja ada kerusakan, maka bagian yang rusak tersebut bisa diganti tanpa harus membeli keseluruhan velg. Velg konstruksi seperti ini biasanya disatukan melalui baut yang disebut rivets.

Pengembangan selanjutnya, model atau desain pada bagian face concave pun turut diperhatikan oleh beberapa produsen velg. Salah satunya Forgiato yang lansirkan F2. “Desain face dibuat layaknya kaki labalaba. Bagian face agak sedikit keluar dari lips. Sehingga memberikan tampilan yang baru, meski masih tetap model concave,” tambah Eric.

Sementara Johan dari workshop Mega Arvia Utama di bilangan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, turut berkomentar seputar concave, “Velg model concave dahulu tersedia dalam dimensi yang cukup besar. Tetapi kini pabrikan mulai menyediakan velg concave dalam dimensi yang kecil. Misalnya Lenso Project D Spec K yang berukuran 15 inci dengan model concave. Harganya pun makin terjangkau, hanya di kisaran Rp 4 jutaan sudah bisa aplikasi di mobil menengah ke bawah.”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.