Replika OEM

Car & Tuning Guide - - Tuning Guide -

Jika dilihat secara kasat mata, perbedaan antara velg OEM (Original Equipment Manufacturer) dan replika OEM bisa dibilang bagai pinang dibelah dua. Serupa tapi tak sama, dan bentuknya yang mirip-mirip, nyaris tidak terlihat perbedaan yang signifikan.

Pun begitu dengan material, desain dan berat velg, dibuat sama persis. Namun biasanya, velg replika OEM merupakan velg keluaran produksi China atau Taiwan. Pada saat produksinya, velg OEM dijadikan acuan oleh para pembuat velg replika OEM agar dibuat semirip mungkin.

Meski serupa, bila dilihat se- cara detail, tentu akan ada perbedaan di antara keduanya. “Untuk velg keluaran pabrikan atau OEM, terdapat label atau merek mobil pada bagian dalam velg. Bisa terlihat contohnya velg OEM Toyota, yang terdapat label ‘Toyota’ pada bagian dalam velg. Sementara untuk velg replika, label tersebut tidak diikut sertakan. Pun begitu untuk velg-velg replika OEM lainnya,” ujar Johan dari workshop SM Motorsport di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Tidak hanya materialnya saja yang serupa. Soal spesifikasi juga dibuat sama persis dengan versi OEM. “Pabriknya memang mencetak dari velg OEM. Mulai desain, bobot hingga material dibuat sama persis,” tambah Johan. Jadi, kalau velg OEM Toyota Vellfire memiliki ukuran 18x7,5 inci begitu pula dengan versi replikanya.

Hanya saja, beberapa model sengaja dibuat dengan ukuran yang berbeda dari versi standar. Misalnya velg Toyota Fortuner TRD dengan ukuran standar 17x8 inci, untuk replikanya tersedia juga dalam ukuran 20x8,5 inci dan 22x9 inci dengan model yang sama. Yang membedakan hanya pada bagian spoke yang jadi terlihat lebih panjang. “Karena permintaannya ada, jadi ya kita masukin juga, namun untuk beberapa tipe saja,” papar Johan Lagi.

Tak hanya velg Fortuner TRD saja yang tersedia dalam berbagai ukuran. Velg lainnya seperti Toyota Prado juga tersedia mulai ukuran 17, 20 dan 22 inci dengan lebar velg sama dengan kepunyaan Fortuner TRD.

Sebenarnya yang pal- ing banyak ukurannya dari model-model velg BMW dan Mercedes-Benz. “Untuk velg Mercy dan BMW lebih lengkap lagi ukurannya. Misalnya, standarnya 18 inci, biasanya ada ukuran lainnya seperti 19, 20, 21 inci,” paparnya.

Dan terakhir untuk pemilihan warna, biasanya velg replika ini dibuat sama dengan versi OEM agar tidak terlihat beda. Namun ada juga velg yang tersedia dalam beberapa pilihan warna. Misalnya velg replika dari Nissan GT-R yang memiliki ukuran 20x8,5 inci tersedia dalam 3 pilihan warna; hitam, silver dan hyperblack.

Velg model OEM AMG Blade berukuran 20 inci. Desainnya mirip velg S-Class terbaru. Bisa diaplikasi untuk S-Class dan E-Class generasi sebelumnya. Harganya sekitar Rp 85 juta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.