EVENT - ALL NEW MAZDA2 24 HRS TAKE AND GO!

5 All New Mazda2, 5 tim, 5 wilayah di Jakarta, 100 misi yang harus diselesaikan dalam waktu 24 jam non-stop. Bagaimana hasilnya?

Car & Tuning Guide - - Volume - ARIES ADITYA PUTRA/PHOTOS: ARIES ADITYA PUTRA, MAZDA/DESIGN:AARON

Ada pengalaman menarik ketika pertama kali mendengar event yang dilaksanakan PT Mazda Moror Indonesia. Ya, semua peserta yang diundang bertanya-tanya soal test drive yang dilakukan selama 24 jam dan dilakukan di Jakarta. Terbayang dong bagaimana padatnya Ibu Kota ini saat weekday? Apalagi ini ajang pertama yang pernah dilakukan oleh APM di Indonesia.

Tapi setelah dilakukan briefing, baru semua mengerti soal aturan main yang dilakukan. Sesuai nama eventnya, All New Mazda2 24 HRS TAKE and GO!, satu tim yang beranggotakan enam orang akan dibagi tiga kelompok untuk test drive All New Mazda2 secara estafet selama satu hari penuh. Ya, jadi bukan orang yang test drive selama 24 jam, tapi kali ini benarbenar menguji All New Mazda2 selama 24 jam tanpa mematikan

mesin.

Tepat pukul 19.00 wib, kelompok pertama diberangkatkan demi menjawab soal yang telah diberikan panitia. Ada 20 tempat yang harus dikunjungi yang berada di seputar Jakarta Utara. Kondisi jam pulang kerja di hari rabu tentu saja membuat peserta harus pintar mencari jalan untuk mendapatkan spot yang telah ditentukan. Sementara, peserta lain istirahat terlebih dahulu untuk keberangkatan pukul 23.00 dan 03.00.

Sayangnya, tim pertama saya hanya mendapatkan 6 tempat dari 20 soal yang ditentukan karena padatnya lalu lintas Jakarta. Setelah kelompok pertama tiba, jam 23.00 giliran saya bersama partner saya, Dimas Pradopo untuk mencari spot yang telah ditentukan. Disini strategi cukup berperan, saya lebih memilih menjadi navigator untuk mencari lokasi-lokasi di seputaran Jakarta Selatan.

Selain expolore lokasi, kami juga sambil merasakan esensi BeAlive yang dihadirkan Mazda pada All New Mazda2. Banyak fitur yang kami rasakan bisa banyak membantu pengendara selama perjalanan. Misalnya i-Activsense berupa Rear Vehicle Monitorinng System.

Fitur ini dapat memberikan peringatan melalui kedipan lampu dari kaca spion ketika ada kendaraan lain yang ada di sisi samping belakang. Tentu saja hal ini akan meningkatkan respon pengemudi dan meminimalisir gejala blind spot.

Hal menarik lainnya, yakni hadirnya MZD Conncet. Panitia sudah menyiapkan special task yang harus ditemui setiap peserta.

Pesan singkat tersebut dikirimkan melalui handphone yang telah terkoneksi dengan sistem head unit melalui jaringan Bluetooth. Begitu SMS masuk, pesan tersebut akan muncul di layar head unit. Tak perlu sulit membaca, cukup tekan tanda Play, maka pesan tersebut akan dibacakan secara otomatis. Menarik!

Tak terasa, waktu hampir menunjukkan waktu 03.00. Dan 18 spot sudah kami temukan. Waktunya kembali ke Fairmont Hotel, untuk berganti peserta. Waktunya istirahat dan bersiap untuk melakukan perjalanan jam 11.00. Tercatat, kondisi bahan bakar belum sampai terkuras setengah tangki.

Setelah kelompok 3 dan 4 menyelesaikan tugasnya selama 8 jam, kembali giliran kami menaklukkan perjalanan selama 4 jam ke depan. Rute pertama kami yakni menuju diler Mazda Thamrin. Disana, kami harus menaklukan parkir dengan mata tertutup. Sementara aba-aba diberikan oleh navigator dari luar.

Selanjutnya, 20 soal telah menanti perjalanan kami. Lagi-lagi kami mendapatkan soal yang tidak terlalu sulit. Wilayah Jakarta Pusat menjadi spot yang harus ditaklukan. Padatnya lalu lintas kota Jakarta, ditambah hujan yang turun membuat perjalanan ini tidaklah mudah. Kamipun tidak khawatir ketika indikator bahan bakar mulai menipis. Meskipun dari awal mesin tidak pernah dimatikan, -kecuali i-Stop bekerja,- dan bahan bakar tidak diisi.

Adanya fitur i-Stop tentu sangat membantu efisiensi bahan bakar. Tercatat, meski kondisi lalu lintas padat, konsumsi bahan bakar di MID masih menunjukkan angka 11 km/liter. Sesuai prediksi kami, ke-20 tempat yang ada di soal berhasil kami temukan.

Sayangnya, tim kami belum memberikan hasil terbaik dalam perolehan poin. Keizo Ouke President Director PT. MMI saat peserta telah finish pukul 19.15 mengatakan, “Tujuan dari perjalanan dan tantangan ini bukanlah menentukan siapa yang terbaik, tetapi kami ingin agar esensi dari “Be Alive” dapat terasa langsung oleh para peserta yang mengendarai All New Mazda2.

Dengan konsep kegiatan yang unik dan berbeda dari yang lainnya, All New Mazda2 24HRS Take and GO! kembali menegaskan komitmen kami untuk memberikan pengalaman berkendara yang tidak terlupakan bersama Mazda.”

Dari 5 mobil All New Mazda2, rata-rata telah menempuh jarak hampir 400 km. Catatan MID juga menunjukkan konsumsi bahan bakar dalam rentang yang cukup baik. Sekitar 11 km/liter – 15 km/ liter. Angka terakhir bisa didapat saat perjalanan dini hari dan masih terus berjibaku dengan waktu. Sampai finish, tak ada satupun all new Mazda2 yang kehabisan bahan bakar.

24 jam non-stop telah terbukti, tapi bagaimana jika pembuktian efisiensi bahan bakar? Bisa jadi akan lebih efisien dari Mazda CX-5 yang mampu menempuh jarak lebih dari 1.000 km dengan 1 tangki penuh. Yang pasti mobil yang dijual mulai Rp 218,5-273 juta ini tetap menyenangkan dikendarai dalam kondisi apapun.

Be Alive!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.