TANPA PROSES

Untuk penyok berukuran kecil, sekitar 2,5 cm bisa dilakukan perbaikan dalam waktu 5-15 menit saja

Car & Tuning Guide - - Maintenance Guide - FAJAR DIVA/PHOTOS: ARTHAMIYA/DESIGN: IPIN

Bodi mobil merupakan bagian terluar kendaraan yang cukup ‘rawan’ terkena benturan. Entah tersenggol pengendara lain, terkena trolly belanjaan saat parkir, terkena kerikil yang terhempas, atau terbentur pintu mobil lain saat parkir. Ujung-ujungnya, bodi mobil pun akan penyok atau disebut istilah ‘dent’.

Jika sudah penyok, maka tak lagi mulus, hal tersebut tentu berimbas terhadap estetika keindahan bodi mobil. Ya, inilah risiko yang diterima oleh bodi mobil. Namun, jangan berkecil hati. Bila kerusakan hanya sebatas penyok dan tidak merusak cat, maka Anda boleh sedikit tersenyum. Karena penyok tersebut bisa kembali seperti semula melalui perbaikan bodi melalui alat khusus.

Adalah Oscar dan Fendy dari workshop Car Body Care di kawasan Graha Raya, Bintaro, Tangerang, yang sanggup memperbaiki penyok pada bodi tanpa harus melakukan pengecatan. “Selama cat bodi belum ‘luka’ atau baret, maka penyok bodi bisa diperbaiki tanpa pengecatan. Kami menggunakan peralatan khusus dari Paintless Dent Removal (PDR) yang didesain untuk melakukan perbaikan tanpa melepas panel,” ujar Oscar sambil menunjukkan beragam alat kerjanya.

Biaya perbaikan serta proses pekerjaannya pun, relatif terjangkau dan murah. “Yang bisa diperbaiki adalah bodi berbahan pelat, fiberglass dan plastik. Namun, tak

Untuk proses pengecekan penyok menggunakan bantuan sinar lampu neon.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.