PENGECATAN

Proses Perbaikan

Car & Tuning Guide - - Maintenance Guide -

Oscar dan Fendy punya trik dalam perbaikan bodi. “Karena perbaikan penyok pada bodi dilihat dari titik penyok dan materialnya. Misalnya, jika penyok pada bagian panel pintu bodi samping, maka menggunakan alat khusus PDR dan tanpa melepas panel,” jelas Oscar dan Fendy yang mengaku paling susah ketika memperbaiki mobil keluaran Eropa, lantaran pelat bodi yang terlalu tebal.

Kali ini kami ilustrasikan penyok bodi pintu kanan Toyota Avanza. Cara kerjanya, bodi yang penyok disinari menggunakan lampu. “Dengan cahaya lampu, akan terlihat bodi yang penyok. Bisa tergambar dari cahaya yang tidak lurus pada bodi,” tambah Oscar. Selanjutnya, alat khusus berupa besi panjang dimasukkan melalui celah pintu, hingga menggapai bagian penyok tersebut. Lalu alat diputar pada bagian panel yang penyok dari sisi dalam, hingga bagian yang penyok kembali lagi ke posisi normal.

“Sedangkan penyok pada bumper bermaterial plastik, dilakukan melalui bantuan alat pemanas (hot gun) dan menggunakan alat khusus dari balik bumper bagian dalam. Sementara penyok pada atap diperbaiki menggunakan lakban, lem khusus dan alat kop (sedot),” ujar Oscar dan Fendy yang mulai standby di workshop dari pukul 08.30 WIB setiap Senin-Minggu.

Bumper bahan plastik dan fiberglass bisa diperbaiki, asal jangan sampai pecah.

After

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.