Step by step

3 8 2 9 4

Car & Tuning Guide - - Maintenance Guide -

Workshop Andala menggunakan mesin bubut Pro Cut asal Amerika. Asyiknya cara kerja mesin ini tanpa harus melepas piringan rem dari mobil. Cukup dekatkan mesin ini pada piringan. Mudah dan praktis. Berikut beberapa tahap proses bubut piringan rem. 1. Buka ban mobil. 2. Untuk cek gelombang pada permukaan rem bisa diraba pakai tangan. Cek ukuran limit atau batas

3. tidak dilakukan sembarang. Ada aturan mainnya. “Karena setiap disc brake memiliki batasan ketebalan. Bisa dicek pada bagian dalam disc. Misalnya, Toyota Alphard, memiliki batasan aman pada angka 26 mm. Sehingga, jika cakram dibubut, maka hasil dari bubut tidak boleh berada di bawah angka 26 mm,” saran pria murah senyum ini.

Aturan main lainnya adalah kedalaman gelombang permu- kaan cakram yang boleh dibubut idealnya maksimal berukuran 0,5-1 mm. Dan hanya boleh dilakukan dua kali proses bubut. Jika lebih dari dua kali pembubutan, tentu akan berisiko tinggi. Karena piringan rem akan semakin tipis. Jika ketebalan cakram dinilai terlalu tipis, tak ada opsi lain selain melakukan penggantian cakram.

Piringan rem yang tipis bukan hanya membuat jarak pengereman bertambah jauh, namun juga membuat cakram rentan melengkung atau retak bahkan bisa pecah, yang akan berpotensi mengakibatkan pengereman macet dan mengunci.Untuk mengetahui kondisi permukaan rem cakram, disarankan untuk melakukan pengecekan setiap 5-10 ribu km.

Pengecekan pada sistem pengereman dilakukan untuk mencegah gelombang pada permukaan cakram terlalu dalam. Namun perlu diperhatikan, bubut minimal ukuran disc. Posisinya disebelah dalam disc. Ukur ketebalan piringan pakai penggaris sigmat. Bersih adaptor pakai sikat kawat. Pasang alat Pro Cut, cek ukuran gelombang yang paling dalam. Kedalaman gelombang sekitar 0,5 mm. Proses bubut melalui alat Pro Cut. Hasilnya seperti disc baru, namun lebih tipis. 10. Pasang kembali ban.

4.

5.

6.

7.

8.

9. pada rem cakram hanya sebagai alternatif dalam kondisi mendesak. Permukaan rem yang telah dibubut, kekuatan dan kepadatan cakramnya akan berkurang. Sehingga, umur pakainya tak akan seawet ketika mengganti dengan cakram baru.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.