Kaca

Car & Tuning Guide - - Maintenance Guide -

Perlakuan kaca sunroof tak bedanya seperti merawat kaca mobil lainnya. Musuh utama yang kerap timbul adalah jamur kaca. Karena umumnya sunroof terdapat pada mobil-mobil berukuran besar, maka proses pengelapan kerap sulit dijangkau.

Usahakan untuk mengelap secara sempurna setelah proses cuci mobil. Apalagi mobil dicuci menggunakan air tanah yang mengandung asam tinggi dan berpotensi menimbulkan jamur jika tidak segera dibersihkan. Namun, jika sudah muncul bintik-bintik jamur, cara untuk menghilangkannya adalah menggunakan compound halus dengan bantuan microfiber.

Cukup oleskan compound tersebut dan lap bagian kaca. Selanjutnya, bersihkan permukaan kaca yang telah di-compound dengan lap yang bersih. Atau Anda bisa menggunakan produk glass cleaner yang banyak tersedia di pasaran. “Jangan sembarang pakai obat kaca, karena bisa timbul korosi dan malah merusak kaca,” wanti Daniel. “Kaca bagian dalam jangan lupa dibersihkan, karena kotoran dalam kabin bisa menambah kotoran,” tegas Dian kembali. Ramdani, Nissan Technical Advisor Nissan Puri Indah, Jakarta Barat.

Karena perangkat ini bermaterial kaca, maka penyakit yang kerap hadir adalah jamur kaca. “Umumnya setelah dicuci atau terkena hujan, lupa untuk proses pengeringan sempurna. Jika didiamkan, tentu menyebabkan jamur kaca pada bagian sisi luarnya,” tambah Daniel.

Daniel juga menambahkan, untuk merawat sunroof cukup mudah. Setidaknya konsentrasi fokus pada tiga bagiannya, yakni kaca, karet dan rel. Nah, seperti apa saja perlakuan perawatan pada sunroof, berikut kami jabarkan.

Perhatikan bagian celah-celah sempit. Karena celah tersebut rawan kotoran bersarang.

Pastikan kaca bagian luar dilap sempurna setelah proses cuci mobil. Biar tidak timbul jamur kaca dikemudian hari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.