DRESS UP NISSAN NP300 NAVARA

Tampilan standarnya saja sudah sangat menggoda, apalagi kalau diberi ‘sedikit’ sentuhan modifikasi

Car & Tuning Guide - - Volume - I MAN FIRMAN/PHOTOS: I MAN FIRMAN/DESIGN: AARON

Nissan Navara generasi terbaru ini memang lebih banyak kelebihannya dibandingkan generasi sebelumnya. Lihat saja desain eksteriornya, bahasa desainnya lebih menjurus ke arah ‘style’ dan lebih modern. Sehingga membuat Nissan menyebutnya sebagai ‘Sporty Truck Face’ dengan konsep ‘V-Motion’ yang terlihat dari garis desain yang ‘mengalir’ dari gril menuju kap mesin dan kedua fender depan. Keren!

Tak hanya itu, meski tampilan sudah lebih advanced, ketangguhannya di medan offroad pun masih hebat. Sudah beberapa kali kami mencoba Navara ini di medan on-road dan juga offroad baik ringan maupun yang cukup berat, semuanya bisa dilalui Navara tanpa kesulitan berarti.

Mesin diesel 4 silinder berkapasitas 2.488 cc yang sudah dilengkapi Variable Geometry System (VGS) plus commonrail with ECCS 32 bit diklaim Nissan mampu menghasilkan power 190 hp pada 3.600 RPM, dengan torsi maksimal 450 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm. Mesin ini ‘hebat’ baik di jalan aspal maupun ketika harus masuk lumpur.

Nah, untuk Anda pecinta mobil jenis double cabin seperti Navara ini, mungkin untuk awalnya Anda masih betah melihat tampilan standarnya. Namun bagi yang gatal utak-atik demi penampilan dan performa, ada inspirasi dress up-nya.

Roof Top Tent

Kemping? Bayangan Anda tentu saja di alam terbuka Anda mendirikan tenda dan bermalam di dalam tenda itu. Nah, kali ini PT. Nissan Motor Indonesia meminjamkan kami unit Nissan Navara yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa dipakai kemping di alam terbuka. Apa saja ya modifikasinya?

Pernah mendengar nama ‘Roof Top Tent’? Kalau belum, ini adalah tenda yang bisa dipasang diatas mobil Anda. Kebetulan juga saat ini di kalangan penyuka mobil double cabin roof top tent ini mulai ramai dicari dan dipasang di mobil mereka. Di luar Indonesia sendiri roof top tent ini sudah cukup lama beredar dan banyak dipasang di mobil double cabin dan lainnya.

Namun tentu saja pemasangannya tak bisa langsung dipasang seperti itu saja. Yang pasti kalau di mobil d-cab pemasangannya dilakukan di atas bak belakang dengan serangkaian modifikasi lainnya, terutama untuk dudukannya. Jadi dibuatkan dulu rangka dudukannya menggunakan besi hollow setebal 4 mm yang diukur sama lebar baknya dan tingginya sama dengan roofrail bawaan mobil, baru kemudian roof top tent ini dipasang dengan cara dibaut ke bracket tadi.

Nah, sekarang bagaimana cara membuka roof top tent ini? Pertama buka dulu covernya dengan membuka tali pengamannya, setelah itu angkat covernya (Gbr. 1). Kemudian perlahan buka tenda ini membuka ke arah kanan sampai terlihat bentuk tendanya (Gbr. 2, 3). Tarik tangganya ke bawah sampai tenda terbuka penuh, kemudian kunci tangganya agar tidak bergeser (Gbr. 4). Mudah kan?

Roof top tent ini mampu menampung dua orang dewasa di dalamnya, dan sudah tersedia juga matras agar masih terasa nyaman. Soal harga, jika dilihat di luar Indonesia harganya beragam. Ada yang menjual USD 995 sampai USD 2900, berarti sekitar Rp 13 jutaan sampai Rp 40 jutaan dihitung dalam kurs Rupiah. Sedangkan untuk rangka penahannya, karena itu custom maka tergantung bengkel yang membuat berapa dipatok harganya.

1

4

2

3

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.