LB DECALS

Berawal dari usaha keluarga yang bergerak di bidang digital printing, kini berkembang jadi usaha stiker khusus mobil-mobil hobi

Car & Tuning Guide - - Volume - ARIES ADITYA PUTRA/PHOTOS: ANDI ARSI/DESIGN: IPIN

Dimulai dari tahun 1994, usaha keluarga yang bergerak di bidang digital printing tumbuh pesat. Pada era 2000an, bisnisnya banyak menerima order printing untuk mobil box. Dari situ, Wong Robert Daniel akhirnya memutuskan untuk mengembangkan bisnisnya yang tidak jauh dari bisnis keluarganya.

Pada tahun 2010, Robert panggilan akrabnya membuka gerai LB Decals yang mengkhususkan pemasangan stiker untuk mobil-mobil hobi.

Awal mula, workshop-nya berada daerah Pluit Utara. Tapi seiring berkembangnya bisnis, akhirnya LB Decals pindah ke tempat yang lebih besar di kawasan Pluit Indah Raya. Di workshop seluas 800 meter persegi ini, LB Decals berbagi tempat dengan Excess Motoring yang juga dijalankan oleh keluarga.

Hampir semua pengerjaan yang berhubungan dengan stiker bisa dikerjakan di workshop ini. Mulai dari body wrapping, stiker grafis sampai kebutuhan untuk kontes sekalipun bisa digarap oleh LB Decals. Bahan stiker yang digunakan kebanyakan Oracal, walaupun ada juga bahan 3M. Tapi, LB Decals juga menyediakan bahan premium dari merek Oracal. “Biasanya Oracal yang digunakan tipe 651. Tapi kami menyediakan juga stiker premium Oracal tipe 970 yang kita masukkan sendiri,” ujar Robert.

Banyaknya ragam jenis stiker tentu berpengaruh terhadap harga. “Kita menyesuaikan dengan budget customer,” paparnya. Sebagai contoh, biaya untuk melapis seluruh bodi mobil dipatok mulai Rp 3-4 juta tergantung tipe mobil. Akan tetapi, jika ingin gunakan bahan premium, bisa Rp 8-11 juta. “Oracal 970 memang beda, warnanya mirip seperti Anda cat mobil. Dan ini jenis stiker yang bubble free, harganya pun bisa empat kali lipat dari yang standar,” ujar pria 34 tahun ini.

Karena wilayahnya yang berada di utara Jakarta, kebanyakan customer datang dari level menengah ke atas. Dari mobil Volkswagen hingga Porsche semua datang ke workshop yang beralamat di jalan Pluit Indah raya No. 23 ini.

Dalam seminggu, workshop ini bisa mengerjakan 3-4 mobil. Sementara untuk lama pengerjaan, seharusnya per mobil yang melakukan body wrap bisa dikerjakan dalam tempo 1-2 hari. “Tapi untuk menjamin kerapihan, kami biasanya minta waktu 3-4 hari. Walaupun hari ketiga sebenarnya sudah selesai. Tapi untuk memastikan kerapihan saja. Apalagi di Indonesia jarang sekali ada yang mau lepas panel saat pemasangan stiker,” ujar Robert lagi.

Soal tren ke depan, Robert meyakinkan kalau tren penggunaan stiker akan lebih berkembang. Asalkan, pemerintah juga tegas soal peraturan yang abu-abu. “Isu peraturan modifikasi yang kemarin marak memang belum berpengaruh,” keluh Robert.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.