Kualitas audio jempolan jadi fokus utama dress up

Car & Tuning Guide - - Tuning Cars - HAFIZH FAUZAN/PHOTOS: RUSLI I LFAN/DESIGN: AARON

Tanpa disadari banyak waktu yang berlalu saat beraktivitas menggunakan mobil kesayangan. Padahal seringkali rasa kebosanan muncul akibat mobil yang terasa begitu-begitu saja. Hal inilah yang dirasakan oleh Robert yang sehari-hari memiliki aktivitas yang padat dan menggunakan Toyota Agya G TRD sebagai tunggangan utama untuk mobilitas sehari-hari.

Agar selama perjalanan mood selalu dalam kondisi baik, Robert pun akhirnya melakukan dress up kepada tunggangannya agar selalu terasa menyenangkan dan menjadi sumber moodbooster. Ubahan dress up yang dilakukan robert pun terpusat pada peningkatan kualitas audio Agya, serta performa yang lebih mumpuni untuk daily use.

“Gue demen banget sama audio mobil. Awalnya emang niatnya ngincer modifikasi ke arah SQL, makanya gue rela ngehabisin waktu gue selama 3 bulan hanya untuk bisa dapetin kualitas audio yang gue demen sampai sekarang. Hehe,” kekeh Robert.

Untuk memuluskan misinya, Robert pun mengganti head unit standar dengan Pioneer Single DIN AVH 1750 X dan GPS Garmin NU40L. Dirinya pun melengkapi Agya-nya dengan tambahan subwoofer keluaran Metallic ukuran 12 inci di bagian bagasi, speaker midrange keluaran Performa, serta Tweeter Vifa berlapis casing Cello.

Untuk mengatur kualitas audio terbaik, Robet pun mempercayakan crossover Pioneer DRF 136 dengan power 4 Channel dari Metallic, serta kabel coaxial dari Performa. Peredam suara pun dipasang pada bagian bagian pintu, atap, serta lantai demi meminimalisir efek suara luar masuk ke dalam kabin. “Dengan spek sekarang surround dan stagging panggung untuk real live udah pas banget,” bangganya.

Di balik ubahan menyeluruh pada bagian audio, ternyata untuk bagian kabin kini terasa lebih mewah dibandingkan Agya pada umumnya. Pasalnya, pada bagian jok kini menggunakan pelapis berkelir coklat keluaran MBtech, ditemani beberapa ornamen dengan warna senada. Alhasil perpaduan trim blackbrown meningkatkan kemewahan bagian kabin.

Kendati masih mempertahankan body kit TRD keluaran Toyota, Robert tetap melakukan dress up detil di bagian eksterior, demi meningkatkan tampilan sang tunggangan. Diantaranya memasang bohlam Osram NBR dan lampu LED dari merk Trubus. Bagian exhaust pun kini mampu menghasilkan suara yang eargasm berkat muffler custom HKS dan downpipe keluaran Under Control.

Karena Agya standar banyak dilengkapi aksen krom, maka di tangan Robert aksen tersebut diganti dengan rubber paint dan garnish black dip. Custom sticker pun hadir pada bagian atap dan gril depan, agar terlihat nuansa two-tone black-white dari Agya kesayangannya ini. Cakep!

ESTIMASI BIAYA DRESS UP: • Rubber paint all chrome panel Rp 400 ribu Lapis jok dengan bahan MBtech, Rp 1,9 juta head unit Pioneer single DIN AVH 1750X Rp 2,8 juta Peredam 4 pintu plus lantai dan glasswool Strutbar by Undercontrol

DATA DRESS UP:

Cat bahan karet untuk velg, damper, rear sway bar, under brace custom, stiker custom, auto retract spion + modul, lampu DRL, bohlam Osram NBR, lampu LED Trubus, kaca film Signature (depan 60%, samping belakang 80%), muffler HKS Custom by Under Control, rubber paint all chrome panel 400 rb, cat garnish black, head unit Pioneer single DIN AVH 1750X, tweeter Vifa, x-over Pioneer DRF 136, speaker midrange Performa, speaker coaxial Performa, subwoofer merk Metallic 12 inci, power amplifier 4 Channel Metallic, bahan pelapis jok MBtech, peredam 4 pintu plus lantai dan glasswool, peredam atap merk STP full treatment, GPS by Garmin NU40L, engine hood damper, strutbar Undercontrol, double OCT, ground cable, downpipe Undercontrol.

WORKSHOP:

Otovariasi, WTC Serpong, Tangerang Selatan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.