Settingan simpel bisa bicara di tingkat internasional

Car & Tuning Guide - - In Car-Tainment - RACHMAD SADELI/PHOTOS BY RUSLI I LFAN/DESIGN: AARON BAGAIMANA

Sistem audio kelas satu mesti didukung dengan perangkat yang mumpuni. Herman Supangat, pemilik Subaru BRZ ini paham akan hal ini. Yup, tak mau dibilang tanggung, ia pasang satu perangkat speaker Micro Precision MPZ Studio 3 way yang merupakan jajaran perangkat kelas satu. Berbeda dengan sistem kebanyakan, speakernya dipasang pada dudukan standar.

Walau speakernya di posisi dudukan standar, hasilnya luar biasa. Ketika mobil ini diikutkan dalam kontes audio EMMA Asia kelas OEM, Subaru ini sukses rebut juara 2.“Juara bertahan, tahun lalu juara 2 OEM Asia juga,” bilang Mulyadi, instalatur audio Dynamics Auto Sound, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Speaker Micro Precision MPZ Studio dipilih lantaran memiliki semburan suara yang jernih dan detail.. “Suaranya natural menyerupai speaker home audio,” tutur Mulyadi. Speaker ini dibuat dengan tweeter- yang terbuat dari 44 parts ukuran mikro yang pembuatannya sangat presisi. Midrange dan midbass-nya menggunakan rangka yang dibuat custom CNC. Dengan komponen level paling tinggi ini suaranya jernih dan natural.

pemasangan speaker 3 way agar bisa optimal? Pengalaman memasang audio dan pemahaman tentang karakter suara speaker berperan penting. Trik yang dilakukan adalah membuat dudukan speaker di tempat standar menjadi lebih rigid. Tujuannya agar kinerja speaker dapat bekerja sesuai dengan kemampaunnya. “Buat tweeter dan midrange saya pakai plat besui 3 mm sebagai dudukannya. Buat midbass saya gunakan ring dengan tebal 15 mm,” ungkap Mulyadi.

Selain dudukan yang optimal, biar suara lantang dan maksimal, Mulyadi menggunakan power amplifier Genesis Dual Mono 2x100 wat sebanayak 3 unit. “Jadi masing-masing komponen speaker 3 way mendapat 1 channel power amplifier,” kata instalatur yang hobi memodifikasi ini. Hasilnya tak diragukan, dengan daya yang besar, speaker dapat mengeluarkan suara dengan optimal. Pantas saja Subaru ini memperoleh gelar juara 2 EMMA Asia. Suaranya ciamik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.