Setting subwoofer tepat membuat suara bass-nya bersuara lantang

Car & Tuning Guide - - In Car-Tainment - RACHMAD SADELI/PHOTOS: J ONDOL/DESIGN: AARON AGAR

Renata atau biasa disapa Tata, pemilik Yaris ini sukses jadi juara 1 EMMA Asia 2015 kelas ESQL Advance. Kesuksesan Tata, tak lepas dari tangan dingin Joan Sastrowijoyo, instalatur audio Sinar Abadi, jalan Tidar, Surabaya yang pandai meracik dan melakukan setting perangkat audio dengan tepat.

Aplikasi 2 subwoofer Atomic ELE 12 inci tak pelak jadi salah satu kunci suksesnya. “Kualitas suara subwoofer Atomic yang sangat baik, ditunjang dengan power handling yang cukup besar jadi kuncinya,” bilang Joan. Lainnya subwoofer ini punya daya tahan yang bagus, hingga tidak cemas subwoofer akan jebol saat mengikuti kontes, terutama saat pengukuran SPL.

kinerja subwoofer optimal, boks subwoofer dibuat dengan ukuran volume 120 liter dengan port 8 inci dan panjang 25 cm. Agar bass bisa kerja optimal dan minim vibrasi seluruh bagian dalam kabin, dilapisi dengan peredam Sok industries asal Amrik. “Pengerjaan sekitar 3 bulan, ketika tahun 2014 dan telah dilakukan penyempurnaan sekitar 5 kali,” ungkap Joan.

Biar bisa bersuara prima subwoofer disetting pada frekuensi 71 Hz dengan bantuan prosesor Alpine Alpine PXA-H800. Hasilnya, gebukan subwoofer boleh diacungi jempol, ketika berlangsung final EMMA Asia di Living World, Alam Sutera beberapa waktu lalu, mobil ini sukses mencapai tingkat kekerasan suara subwoofer 147,7 dB. “Tertinggi pada f inal Asia di kelas ESQL advance,” tukas Joan.

Power amplifier mesti pas dengan kemampuan speaker dan subwoofer yang dipakai.

Eksterior Yaris memakai cutting sticker pink dan motif bunga

terlihat segar. .

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.