Utamakan kesederhanaan tanpa adanya hierarki

Car & Tuning Guide - - Community - HAFIZH FAUZAN/PHOTOS: HAFIZH FAUZAN/DESIGN: AARON

Membangun sebuah komunitas otomotif menjadi solid seringkali bukan menjadi hal yang sulit. Hal inilah yang diyakini oleh salah satu komunitas pengguna Chevrolet Captiva, Komunitas Captiva Indonesia (KCI), yang mengutamakan kesederhanaan sebagai salah satu cara untuk terus bertahan menjadi komunitas otomotif positif di Tanah Air.

Berdiri sejak 7 Februari 2015 di Maribaya, Jawa Barat, KCI yang kini memiliki total 301 anggota tersebar di delapan regional ini hadir sebagai salah satu sarana komunikasi antar anggota Chevrolet Captiva di Tanah Air. Keseriusan KCI sebagi sebuah komunitas pun dibuktikan lewat keberadaannya yang terdaftar secara resmi berbadan hukum oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Meski keberadaanya diakui oleh Kementerian Hukum dan HAM, KCI tetap mempertahankan unsur kesederhanaan dalam lingkup komunitasnya. Dari mulai susunan Aktivator (Pengurus.red) yang bersifat fleksibel, hingga asas “Simplicity” yang dibuktikan lewat bentuk keanggotaan dan prosedural pengelolaan komunitas yang mengutamakan keterbukaan dan rasa kekeluargaan.

“Kami juga memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap kreativitas para anggota. Karena itulah komunitas ini hadir berdasarkan kesamaan aspirasi. Andaikata suatu saat anggota KCI ada yang beralih menggunakan mobil selain Chevrolet Captiva, kami pun masih menyambut anggota tersebut sebagai bagian dari keluarga KCI,” ungkap Budi S Hadisusilo, Aktivator sekaligus founder KCI.

Selama setahun terakhir, komunitas KCI sering melakukan kegiatan touring rutin, salah satunya Tour de Babel KCI JakartaBangka Belitung-Jakarta dari tanggal 25 Desember - 3 Januari lalu. Selama 9 hari perjalanan, total 14 anggota Captiva saling bahu membahu bertualang mengenal panorama alam Sumatera dan Pulau Bangka Belitung, sekaligus menjajal kemampuan Chevrolet Captiva kesayangan.

Selain gemar touring, komunitas ini juga memiliki kegiatan unik berkumpul di “saung” Sekretariat Pusat KCI di kawasan Victoria River Park blok A3/1, BSD City, Tangerang Selatan. Di sinilah para anggota berdiskusi dan bercengkrama, sekaligus memberikan tips dan trik seputar tunggangan kesayangan.

“Kami juga punya rekanan bengkel resmi dan rekanan, sekaligus link untuk part-part Captiva khusus, sehingga anggota KCI bisa mengupgrade Captiva tanpa perlu khawatir soal kualitas

dan harga yang terjangkau.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.