Manfaatkan rongga ban serep untuk taruh boks subwoofer

Car & Tuning Guide - - in Car-tainment - RACHMAD SADELI/PHOTOS: ADLISAL, DOK. CTG/DESIGN:AARON UNTUK

Ada banyak trik dalam penempatan perangkat audio di mobil. Salah satu trik yang diterapkan adalah menempatkan subwoofer di rongga tempat ban cadangan (bagasi) untuk menaruh boks subwoofer. Trik ini lahir karena pemilik mobil ingin ruang bagasi tak terganggu ketika dipasangi subwoofer, dengan posisi ban cadangan tetap ada.

Khusus untuk sistem ini, menurut Elwan Trenggono, instalatur X-Pro, Taman Aries, Jakarta Barat ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi. “Sistem ini bisa diterapkan pada mobil dengan ban cadangan di dalam bagasi. Seperti Toyota Yaris, Mazda2, Honda CR-V, ” ungkap Elwan. Selain Elwan yang memanfaatkan ruang ban cadangan, ada Ferdi dari Glaze Audio, MGK Kemayoran, Jakarta Pusat. “Saya bikin boks-nya di Honda Brio dan CR-V baru,” bilang Ferdi yang kerap jadi juara kontes audio ini.

CR-V dan SUV lainnya bakal lebih ideal karena ruang ban cadangannya lebih besar,” tukas Elwan. Dengan ruang yang lebih besar, maka instalatur jadi lebih mudah memilih subwoofer tanpa takut dengan volume ruang yang sempit. “Ukuran subwoofernya kebanyakan 10 inci, khusus buat CR-V bisa pakai 12 inci,” ungkap Elwan. Sedangkan Ferdi lebih memilih subwoofer dengan ukuran 10 inci lantaran dianggap sudah cukup menghasilkan bass berkualitas.

Untuk membuat boks di ban cadangan, pertama terlebih dahulu mengukur volume dari ban serep. Material dasarnya kayu MDF ukuran 18 mm yang berperan sebagai rangka boks. “Biasanya kita potong membentuk ruang untuk boks,” ungkap Ferdi. Kayu MDF ini lalu dilapisi dengan fiberglass mengikuti lengkungan kontur cekungan velg ban cadangan. “Ukuran boksnya untuk CR-V 0,8 kubik dan Brio 0,7 kubik,” cuap Ferdi. Sedangkan Elwan membuatkan boks subwoofer berkisar antara 0,7 kubik kaki sampai 0,9 kubik kaki. “Boks memang tak terlalu besar, karena subwoofer sekarang tak menuntuk boks besar,” tukas Elwan.

Agar bisa dibuka dengan leluasa, Elwan melebihkan kabel subwoofer 2 meter sampai 2,5 meter. “Jadi ketika boks diangkat dari ban serep, bisa ditaruh di lantai bengkel,” kata Elwan. Nah, biar rapi diusahakan di atas subwoofer di tutup kain dan permukaaannya sejajar lantai penutup alas bagasi. Ketika ban cadangan mau dibuka, boks subwoofer bisa diangkat, bahkan kabel subwoofernya bisa dicopot karena Elwan menyediakan konektor yang bisa dilepas-pasang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.