Bass minim distorsi dan volume kecil

Car & Tuning Guide - - in Car-tainment - RACHMAD SADELI/PHOTOS: J OVIE J ONDOL/DESIGN:AARON

Dalam dunia car audio, ada beragam boks yang bisa diaplikasi dengan alasan tertentu. Hendra Taniel, pemilik Pajero putih ini menggunakan sistem boks push push pull, yaitu memakai 2 subwoofer yang saling berlawanan konus. Terlihat di bagasi Pajero ini satu unit subwoofer Reverb Acoustic 12 inci yang dipasang terbalik. Namun sebenarnya yang dipakai adalah dua unit subwoofer, satu di luar boks, satu lagi di dalam boks dengan konus saling berhadapan. Jadi subwoofer-nya di bawah, tak kelihatan.

Ricky, instalatur audio Revealing Sound yang diserahi proyek ini, mengatakan, “Tujuan pakai sistem push full agar didapat suara bass yang bisa terkontrol.” Alasan lainnya, dengan boks ini suara bass yang dihasilkan agak minim distorsi yang efeknya semburan subwoofer menjadi bersih. Biar bisa bersuara baik, pemasangan kabel negatif dan positif, dua subwoofer saling berlawanan.

Alasan lainnya, dengan sistem ini, instalatur dapat memakai volume boks secara optimal yang berujung suara bass ciamik. Dalam pembuatannya, Ricky memakai kayu MDF 18 mm dan ukuran boks yang digunakan 40 liter. Dengan ukuran 40 liter buat dua subwoofer dan hasil bass yang ciamik ini tergolong efisien. Buat setting subwoofernya, Ricky mengaturnya pada frekuensi 63 Hz. Tujuannya biar bisa imbangi speaker 3 way Reverb Acoustoc yang dipasamg di bagian depan mobil.

Nah, biar bass bisa bekerja optimal, Ricky mengkomninasikan subwoofer dengan power amplifier Steg K204. “Powernya punya daya 1.200 watt,” cuap Ricky. Dengan daya besar ini, suara yang dihasilkan akan lebih bertenaga dan jernih. Power amplifier ini dipakai lantaran telah dibekali microprocessor yang baik dipadi dengan power supply yang stabil. Hasilnya tak mengecewakan suara bass bulat san terdengar datang dari arah depan. Aplikasi 2 set speaker Reverb Acoustic F2BE dan midbass Reverb Acoustic F5. GUNAKAN DUA SET SPEAKER FULLRANGE

Khusus untuk speakernya, Pajero ini memakai speaker sistem 3 way, mengandalkan 2 set speaker Reverb Acoustic F2BE dan midbass Reverb Acoustic F5. “Jadi speaker Reverb Acoustic F2BE fullrange, satu set dijadikan tweeter, satunya lagi jadi midrange,” bilang Hendra atau biasa disapa Acui. “Ketika dites pakai sistem ini, panggung suara jadi lebih dalam, makanya dipakai,” ungkap Acui.

Ricky, instalatur audio Revealing Sound yang diserahi proyek ini sengaja memakai speaker Reverb 3 way lantara, speakernya punya ukuran tak begitu besar, tapi suaranya luar biasa. “Price versus performance juga excellent,” kata Ricky yang sukses pada berbagai event audio ini. Untuk penempatannya, dua set speaker Reverb full range ada di dasbor. Hasilnya suara tinggi dan menangah jadi lebih nyata dan dalam.

Bagaimana dengan setting suaranya? Buat setting suara, Ricky memakai prosesor Pioneer RS A9 yang sekaligus berfungsi sebagai power. “Speaker cutting untuk tweeter 6300 Hz, midrange 630 Hz dan 6.300 Hz dan midbass 63 Hz,” ujar Ricky. Biar suara speakernya lantang power amplifier Pioneer RS A9 dipakai untuk mendrive midrange dan tweeter. Daya powernya 4x50 watt. Sedangkan midbass memakai power amplifier Pioneer A7 dengan daya 2x150 watt. Rahmat/Jopie Jondol

Acui, bergabung dengan kelompok penyuka audio high end, Edan Audio Community.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.